Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Agu 2017 13:36 WIB

TRAVEL NEWS

Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang Sederhana dan Khidmat di Rumania

Shinta Angriyana
detikTravel
Upacara Pengibaran Bendera di KBRI Bucharest (KBRI Bucharest)
Bucharest - Semarak hari kemerdekaan tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia yang berada di tanah air saja. Di Rumania saja, ada juga yang merayakannya.

Tanah kita, tanah surga katanya. Hal ini sepertinya benar-benar terjadi bagi warga Indonesia yang menetap di Rumania. Meskipun jauh dari 'rumah', para WNI tetap merayakan hari kemerdekaan dengan penuh semangat dan suka cita.

Berdasarkan informasi yang diterima detikTravel dari pihak KBRI Bucharest, Jumat (18/8/2017) para WNI di Rumania tetap merayakan hari kemerdekaan yang diawali dengan upacara pengibaran bendera merah putih. Upacara ini diikuti oleh seluruh staff dari kedutaan berserta tamu yang merupakan warga negara asing.

Tidak hanya itu, pihak KBRI Bucharest juga memiliki berbagai tradisi yang diadakan setiap hari kemerdekaan. Misalnya lomba-lomba 17-an seperti makan kerupuk, gigit koin atau lomba balap balon. Para peserta pun sangat antusias untuk mengikuti berbagai rangkaian acara yang seru ini.

Tradisi potong tumpeng di KBRI Bucharest (KBRI Bucharest)Tradisi potong tumpeng di KBRI Bucharest (KBRI Bucharest)

Tradisi lainnya yang juga diadakan pihak KBRI Bucharest adalah potong tumpeng. Di sana, potong tumpeng selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

"Tumpeng itu hidangan nasional yang sangat khas Indonesia. Simbolisme dalam tumpeng juga penuh doa, oleh karena itu perayaan HUT RI terasa kurang lengkap kalau tidak ada tumpeng", ujar Dubes RI untuk Rumania, Diar Nurbintoro.

Menurut warga Indonesia yang tinggal di Rumania, acara seperti inilah yang dapat mengobati rasa kangen sekaligus menanamkan rasa nasionalisme pada negara. "Biar saya jauh di sini, saya jaga dan pertahankan nama baik Indonesia. Saya menyayangkan saudara-saudara kita di Tanah Air yang sering melupakan indahnya Indonesia, damainya Indonesia, tentramnya bangsa kita ini", ujar Tempos, seorang warga Indonesia asli Bali yang sudah lama tinggal di Rumania.

Warga Indonesia yang menetap di Rumania (KBRI Bucharest)Warga Indonesia yang menetap di Rumania (KBRI Bucharest)
Warga Indonesia di Rumania pada umumnya adalah profesional, pelajar, atau menikah dengan orang Rumania. Anak-anak Indonesia di sana kebanyakan lahir dan besar di Rumania, tetapi rasa kecintaanya pada tanah air pun tiada duanya. Mereka juga aktif mengikuti berbagai kegiatan, peringatan maupun upacara hari nasional Indonesia yang rutin dilaksanakan di Kedutaan Besar RI di Bucharest. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA