Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Sep 2017 17:55 WIB

TRAVEL NEWS

Sah! Garuda Resmi Terbangi Rute Jakarta-Banyuwangi

Putri Akmal
Redaksi Travel
Foto: Peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Jakarta-Banyuwangi (Putri Akmal/detikTravel)
Foto: Peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Jakarta-Banyuwangi (Putri Akmal/detikTravel)
Banyuwangi - Garuda Indonesia resmi terbangi rute Jakarta-Banyuwangi. Rute baru ini pun diharap bisa mendorong peningkatan kunjungan turis ke Banyuwangi.

Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi secara langsung (direct flight). Peresmian penerbangan perdana pesawat bernomor GA 264 jenis Bombardier CRJ 1000 NextGen itu dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, penerbangan langsung Banyuwangi-Jakarta ini akan semakin mendongkrak perekonomian daerah. Penerbangan ini juga bisa menjadi penyambung jarak dari daerah sekitar Banyuwangi menuju ibukota, Jakarta. Seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali Barat.

Tak hanya itu, rute ini juga bisa memacu pertumbuhan wisatawan menuju Banyuwangi. Apalagi setelah Banyuwangi telah ditetapkan sebagai Kabupaten dengan pagelaran festival terbaik di Indonesia.


"Daerah sekitar Banyuwangi ini penduduknya lebih dari 6 juta, ini menjadi pasar sendiri bagi Banyuwangi. Tak hanya itu, pasar wisatawan domestik terbesar juga menjadi peluang untuk terus mengembangkan pasar ekonomi daerah," kata Arief Yahya saat peresmian penerbangan perdana di Bandara Blimbingsari, Jumat (8/9/2017).

Sah! Garuda Resmi Terbangi Rute Jakarta-BanyuwangiFoto: Menteri Pariwisata Arief Yahya (Putri Akmal/detikTravel)
Dirut Garuda Indonesia, Pahala N Mansury menambahkan, pihaknya berharap potensi wilayah yang dimiliki Banyuwangi dianggap bisa mendorong jumlah wisatawan yang semakin meningkat. Saat ini jumlah pengguna jasa transportasi maskapai Garuda via Bandara Blimbingsari, kata Pahala, memiliki jumlah yang naik secara periodik, yaitu 75 persen.

"Ini sangat efektif karena potensi wilayahnya luar biasa. Bisa mendorong jumlah wisatawan yang semakin meningkat. Kita berharap aktivitas yang lebih baik apalagi penerbangan ini memiliki jumlah penumpang yang baik yaitu 75 persen, padahal belum dengan pemasaran yang periodik," papar Pahala.

Penerbangan Jakarta-Banyuwangi oleh Garuda akan menggunakan nomor penerbangan GA 264. Waktu berangkat pukul 14.10 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta dan mendarat pukul 15.55 WIB di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi.

Lalu pemberangkatan berikutnya dari Banyuwangi pukul 17.10 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 18.50 WIB. Rute ini dilayani Garuda Indonesia pada hari Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu.

Dengan tambahan rute tersebut, Banyuwangi kini didarati enam kali penerbangan tiap hari. Rute Jakarta-Banyuwangi dan sebaliknya ada tiga kali penerbangan per hari yang dilayani oleh maskapai Nam Air dan Garuda Indonesia. Selain itu, ada rute Surabaya-Banyuwangi sebanyak tiga kali sehari oleh Wings Air dan Garuda Indonesia. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED