Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Sep 2017 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Makan Malam Para Raja dan Sultan se-Nusantara di Cirebon

Soedirman Wamad
detikTravel
Foto: (Soedirman Wamad/detikTravel)
Foto: (Soedirman Wamad/detikTravel)
Cirebon - Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-XI di Kota Cirebon punya daya tarik tersendiri. Sebelum pembukaan, para raja dan sultan makan malam di Gua Sunyaragi.

Acara makan malam sebagai penyambut para raja dan sultan se-Nusantara yang datang pada acara FKN XI sengaja di gelar di Taman Gua Sunyaragi. Hal itu diungkapkan Sultan Kasepuhan, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat kepada detikcom usai makan malam di Taman Gua Sunyaragi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Selain menu khas Cirebon, suasana khas pada zaman dahulu pun tersaji.

"Taman Gua Sunyaragi sengaja kita pilih untuk menyambut para raja dan sultan. Kalau mereka (raja dan sultan) makan malam di restauran itu biasa, tapi tempat sejarah itu sangat unik dan menarik," ucapnya kepada detikTravel, Jumat (15/9) malam kemarin.

Dikatakan Sultan Sepuh, sekitar seratus raja dan sultan hadir dalam acara makan malam. Hal tersebut menunjukan antusiasme yang sangat luar biasa.

Makan Malam Para Raja dan Sultan se-Nusantara di CirebonFoto: (Soedirman Wamad/detikTravel)


Sejumlah raja dan sultan pun menikmati acara makan malam. Tak sedikit para raja dan sultan itu saling bertukar cerita tentang kesultanan atau kekeratonannya. Selain empal gentong, tahy gejrot, mie koclok, dan makanan khas lainnya yang disajikan di meja para raja dan sultan.

Tarling, musik khas pantura juga menjadi musik pengiring makan malam. Kehadiran para raja dan sultan itu tentunya menarik perhatian para tamu undangan lainnya. Bahkan, tak sedikit tamu undangan yang mengabadikan momen. makan malam para raja itu.

Setelah Tarlingan, kesenian tari tradisional khas Jogkakarta pun ditampilkan. Suasana makan malam makin mengasyikan. Permaisuri Sri Sultan Hamengkubuwana X Kasultanan Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Hemas pun menyambut baik acara FKN XI di Kota Cirebon.

Bagi Ratu Hemas, FKN merupakan salah satu wadah untuk saling mempererat silahturahmi antar kekeratonan dan kesultanan di Nusantara. "Ini setiap tahun diadakan, tentu menjadi bagian untuk bersilahturahmi dan saling berkomunikasi antar kerajaan. Pemerintah juga harusnya memperhatikan kesultanan yang ada, karena kesultanan merupakan akar budaya dari Indonesia," katanya saat ditemui usai makan malam.

Makan Malam Para Raja dan Sultan se-Nusantara di CirebonFoto: (Soedirman Wamad/detikTravel)


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED