Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Des 2017 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tahun Baruan di Malioboro, Ini Event Serunya!

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Malioboro, salah satu destinasi favorit di Yogyakarta (Bagus Kurniawan/detikTravel)
Foto: Malioboro, salah satu destinasi favorit di Yogyakarta (Bagus Kurniawan/detikTravel)
Yogyakarta - Malioboro bakalan makin meriah jelang Tahun Baru . Di sana akan digelar Gebyar Tahun Baru dengan rentetan acara menarik.

Dalam rilis Kemenpar yang diterima detikTravel, Kamis (28/12/2017), Gebyar Tahun Baru akan diadakan tanggal 28-31 Desember 2017 di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Dinas Pariwisata Provinsi DIY memilih Malioboro untuk mengadakan event ini karena merupakan destinasi wisata belanja populer dan mudah dijangkau wisatawan.

Ada 4 atraksi istimewa pada malam pergantian tahun yang digelar di beberapa titik berbeda sepanjang Jalan Malioboro. Mulai dari sisi utara di depan Hotel Grand Inna Malioboro, ditampilkan kesenian Angguk, Campur Sari dan Bintang Pantura mulai pukul 19.00 malam. Selain acara kesenian dan budaya, festival jalanan ini menghadirkan stand-up komedi.

"Kemudian Gebyar Malam Tahun Baru ini, kami menggelar acara Jogja Ngakak, merupakan acara stand up comedy digelar di area Stasiun Tugu. Silakan datang ke Yogyakarta," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta.

Sementara di sisi selatan, akan digelar pertunjukan wayang kulit dan wayang golek di seberang jalan depan DPRD DIY mulai sekitar pukul 8 malam. Tak lupa, pentas musik masa kini juga akan ditampilkan.

"Kemudian Harmony Musik Kawula Muda, musik zaman now ini berlangsung di depan Komplek Kantor Gubernur DIY Kepatihan," kata Aris.

Sementara itu, untuk menghindari kemacetan di Malioboro, petugas keamanan melakukan sejumlah penutupan jalan di malam Tahun Baru. Kompol Asep Suherman dari Dit Binmas Polda DIY mengatakan, pada 31 Desember mulai pukul 17.00 WIB arus ke Malioboro akan diberlakukan buka tutup.

"Mulai pukul 17.00 kami berlakukan buka tutup, kalau kendaraan padat, kami bakal melakukan penutupan. Mulai 19.00 Malioboro tutup total, kendaraan tidak bisa masuk, hanya pejalan kaki saja bisa," katanya.

Gebyar Tahun Baru serta aneka festival dianggap cukup efektif meningkatkan kunjungan wisatawan ke Malioboro, jelang pergantian tahun. Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Yogyakarta merupakan alternatif destinasi wisata favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara setelah Bali. Kekayaan seni dan budaya menjadi daya tarik DIY. Terlebih, Gebyar Malam ini berpusat di simbol wisata Kota Yogyakarta, Jalan Malioboro.

"Malioboro jalan paling populer di Yogyakarta selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Tempat ini memang layak untuk pesta Tahun Baru nanti. Selamat berlibur, selamat merayakan pesta Tahun Baru," ujar Menpar Arief Yahya. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Lokomotif Tertua di Blora

Kamis, 18 Jan 2018 21:58 WIB

Liburan akhir pekan ke Blora, ada atraksi baru yang bisa traveler coba, namanya Loco Tour. Traveler akan diajak jalan-jalan dengan lokomotif tertua di Blora.