Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Des 2017 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Arti Gelengan Kepala Orang India

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: (Masaul/detikTravel)
Foto: (Masaul/detikTravel)
Kolkata - Pernahkah traveler melihat film Bollywood, India? Jika iya, apakah Anda memperhatikan gestur kepalanya yang suka geleng-geleng?

detikTravel menyambangi India beberapa waktu lalu, tepatnya di Kota Kolkata. Tur guide kami, Mr Kris, yang juga asli India, saya perhatikan sering menggeleng-gelengkan kepala saat berbicara atau menjelakan suatu destinasi.

Pada suatu kesempatan saat akan memulai perjalanan, saya menanyakan arti dari geleng-geleng kepala tersebut dengan Kris. Sebagai gambaran, Mr Kris orang yang ramah dan selalu tersenyum hampir di setiap kesempatan.

"Emmm... (Berpikir sejenak) Geleng-geleng kepala bagi kami orang India dapat berarti 'Ya'," kata Kris sambil tertawa.

Selain itu, gestur menggeleng-gelengkan kepala dapat diartikan pula bahwa mereka setuju dan simbol dari kata 'ya'. Terutama saat seseorang meminta pertimbangan atau persetujuan.

"Tapi biasanya diikuti dengan kata 'acha' yang berarti 'ya'," jelas Kris.

Arti Gelengan Kepala Orang IndiaFoto: (Masaul/detikTravel)
Namun, yang perlu diperhatikan traveler bahwa geleng-geleg kepala tidak hanya mengartikan persetujuan. Ada pula yang mengindikasikan penolakan, semisal diikuti kata 'nahi' atau yang berarti 'tidak'.

"Jadi inilah budaya kami orang India. Geleng-geleng kepala menurut kami adalah penekanan terhadap hal-hal atau kata-kata yang kami utarakan," pungkas Kris.

(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!

Foto: Toilet Umum Terindah di Dunia

Jumat, 20 Apr 2018 21:55 WIB

Toilet umum pasti lekat dengan suasana yang kurang higienis. Rasanya cuma di Norwegia, ada toilet pinggir jalan yang tak cuma bersih tapi terlalu cantik!