Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jan 2018 15:10 WIB

TRAVEL NEWS

233.483 Wisman Datang ke Sumut, Paling Banyak dari Malaysia

Jefris Santama
detikTravel
Foto: Wisata Danau Toba di Sumatera Utara (M Iqbal/detikTravel)
Foto: Wisata Danau Toba di Sumatera Utara (M Iqbal/detikTravel)
Medan - Semakin banyak turis asing berkunjung ke Sumatera Utara. Dari dua ratusan ribu yang datang Januari-November 2017, kebanyakan berasal dari Malaysia.

Sebanyak 233.483 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Sumatera Utara (Sumut) sepanjang Januari-November 2017. Dari sejumlah negara, wisman yang terbanyak datang dari Malaysia.

"Wisman datang ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan di Tanjungbalai Asahan," kata Kepala Seksi Statistik Niaga dan Jasa di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Freddy Situngkir saat ditemui di kantornya di Medan, Jumat (5/1/2018).

Ia mengatakan, pada November 2017, terdapat 24.497 kunjungan wisman. Hal ini mengalami kenaikan 12,64 persen dibanding yang datang pada Oktober 2017 mencapai 21.749 wisman.

Pada November 2017 juga, jumlah wisman dari Malaysia merupakan pengunjung terbanyak dengan 12.729 kunjungan atau 51,96 persen dari total wisman yang berkunjung di Sumut.

"Wisman paling banyak dari Malaysia, lalu disusul Singapura, Tiongkok, Australia, Jerman, India, Inggris, Amerika Serikat, Hongkong, Thailand," jelas Freddy.

"Tercatat sebagai wisman yaitu ketika mereka pertama kali datang ke Indonesia, terhitung satu tempat," tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Elisa Marbun mengatakan, wisman yang datang lebih banyak berkunjung Danau Toba, Langkat, Serdang Bedagai, Batubara dan Nias.

"Karena mereka (wisman) ada yang wisata, penelitian, berselancar," ujarnya saat dikonfirmasi.

Pada 2018-2019, Elisa menerangkan pihaknya akan terus berkomunikasi dengan kabupaten/kota di Sumut agar potensi wisata yang ada dikembangkan.

"Fasilitas-fasilitas harus diperbaiki termasuk infrastruktur. Pelayanannya juga harus ramah, senyum. Untuk 2018-2019, diharapkan jumlah wisman bisa satu juta orang. Kalau ke Danau Toba, sekarang sudah ada akses yaitu Bandara Silangit," tukasnya. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED