Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jan 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Paspor Jerman Kembali Jadi yang Tersakti, Indonesia Ada Kemajuan

Ilustrasi paspor Indonesia (Dikhy/detikTravel)
Jakarta - Di tahun 2018, paspor Jerman kembali jadi yang tersakti. Sedangkan paspor hijau Indonesia mengalami kenaikan peringkat.

Berdasarkan data dari situs Passport Index, tahun 2017 lalu paspor hijau Indonesia berhasil naik 6 peringkat dari urutan ke 69 menjadi 63. Saat itu, diketahui ada 63 negara di dunia yang memberikan bebas visa kunjungan (bvk) bagi pemegang paspor Indonesia.

Walau tidak signifikan, peringkat paspor hijau Indonesia pun berhasil naik peringkat lagi di tahun 2018. Dilihat detikTravel dari data terbaru yang dikeluarkan situs Passport Index, Kamis (11/1/2018), tahun ini paspor Indonesia naik 1 peringkat ke posisi 62.

Di peringkat 62, Indonesia pun bersanding dengan Malawi yang sama-sama memiliki bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke 68 negara di dunia.

Sedangkan menurut data terbaru dari situs Henley Passport Index yang berafiliasi dengan IATA di awal tahun 2018, paspor hijau Indonesia juga mengalami kenaikan peringkat.

Hanya berbeda urutan dengan data yang dikeluarkan Passport Index, Henley Passport Index menyebut kalau paspor Indonesia naik 7 peringkat ke posisi 72 dengan akses bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke 63 negara dunia.

Secara regional, paspor hijau Indonesia berada di peringkat 6. Bersanding dengan paspor Filipina yang memiliki bebas visa kunjungan ke 63 negara dunia. (msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA