Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Feb 2018 13:52 WIB

TRAVEL NEWS

Tersengat Pari Seperti Menteri Agama, Ini yang Harus Dilakukan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Ikan pari (Thinkstock)
Foto: Ikan pari (Thinkstock)
Derawan - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersengat ikan pari saat liburan di Pulau Sangalaki. Ini yang harus traveler lakukan bila mengalami kejadian yang sama.

Ikan pari dikenal memiliki sengat tajam beracun di bagian ekor. Racun ini berbahaya bila masuk ke dalam tubuh traveler, efeknya bisa sampai berujung maut. Traveler mesti waspada bila berenang di dekat hewan laut ini.

Jika sudah terlanjur terkena sengat seperti Menag (Menteri Agama) Lukman Hakim Saifuddin, maka ada beberapa pertolongan pertama yang bisa traveler lakukan. Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Minggu (3/2/2018), berikut langkah-langkahnya:

1. Cabut sengat

Jika sudah tersengat pari dan sengatnya masih tertinggal di kulit, maka traveler harus mencabut duri sengat tersebut. Bila masih berada di air, basuh luka dengan air laut sampai bersih dan tidak tertinggal serpihan atau potongan sengat pari.

2. Bebat luka dengan kain bersih

Biasanya sengat pari akan menusuk ke permukaan kulit dan meninggalkan luka terbuka yang mengeluarkan darah. Bebat area yang terluka tersebut dengan kain bersih atau kain apapun yang tersedia.

Membebat luka terbuka ini bertujuan untuk memberikan tekanan sehingga bisa membantu untuk menghentikan pendarahan. Selain itu, penyebaran racun bisa diminimalisir.

3. Rendam area luka dengan air panas

Langkah ketiga, rendamlah bagian yang tersengat tadi di air panas selama kurang lebih 30 sampai 90 menit. Berendam di air panas ini bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh racun.

Selain itu, suhu panas bisa membuat racun sengat pari tidak aktif. Karena sejatinya, racun tersebut terdiri dari protein-protein yang akan rusak bila terpapar panas.

BACA JUGA: Mengenal Pulau Sangalaki, Tempat Menteri Agama Tersengat Pari

4. Berikan obat

Beberapa obat-obatan untuk pertolongan pertama seperti Acetaminophen atau Ibuprofen bisa diberikan untuk traveler yang terkena sengatan pari. Dengan catatan, traveler tersebut tidak muntah atau punya alergi terhadap obat tersebut.

5. Segera dibawa ke dokter

Bagaimanapun juga, pertolongan medis adalah yang terbaik. Segera bawa traveler yang terkena sengat pari ke dokter yang berwenang. Dokter biasanya akan memberikan antivenom untuk mengatasi racun pari.

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED