Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Feb 2018 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Menteri Pariwisata Resmikan Badan Otorita Pariwisata Borobudur

Pratiwi
detikTravel
Menpar Arief Yahya memotong pita dalam peluncuran BOP Borobudur (Pratiwi/detikTravel)
Magelang - Menteri Pariwisata, Arief Yahya resmi meluncurkan Badan Pelaksana Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur. Harapannya untuk memajukan pariwisata di Jawa Tengah.

Di bawah pengelolaan BOP ini, nantinya Candi Borobudur akan terintegrasi (integrated tourism) dengan beberapa destinasi wisata lainnya.

"Ada empat destinasi wisata di Jawa Tengah yang nantinya terintegrasi dalam kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Yakni Borobudur, Dieng, Karimunjawa, Sangiran," jelas Arief saat peluncuran BOP Borobudur di Candi Borobudur, Jumat (10/2/2018) malam.

Saat ini, lanjut Arief, terdapat dua target yang tengah dicanangkan pihaknya. Yakni pembentukan visioning (bayangan) masterplan dan integrated tourism masterplan.

"Untuk visioning masterplan akan selesai triwulan pertama tahun ini. Sedangkan integrated masterplan akhir tahun ini," ungkap Arief.

Terkait visioning masterplan, menurutnya akan memuat apa saja yang dibutuhkan dalam penerapan integrated tourism masterplan.

"Apa saja yang dibutuhkan, atraksinya apa saja, aksesnya apa saja. Contohnya bandara Kulonprogo. Coba bayangkan saat membangun Nusa Dua, nanti ini juga sama seperti itu," imbuh Arief.

Pembentukan integrated tourism ini lanjutnya, mendapatkan suntikan dana sebesar 300 juta dolar USD. Dari jumlah tersebut, 6 juta di antaranya dipergunakan untuk membuat masterplan.

"Pembuatan masterplan tahun ini target selesai karena sudah ditenderkan tahun lalu," tandas Arief.

Direktur Utama BOP Borobudur, Indah Juanita menambahkan, BOP Borobudur merupakan salah satu simpul dalam integrated tourism masterplan.

"Empat KSPN nantinya akan menjadi simpul dan jadi titik pariwisata. BOP nanti perannya mengkoordinir empat KSPN tersebut mulai dari Karimunjawa, Yogyakarta, Sangiran, Dieng. BOP nanti menghubungkan semua titik potensial pariwisata tersebut," jelasnya. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA