Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Feb 2018 11:20 WIB

TRAVEL NEWS

Gebyar Pesona Budaya Garut 2018 Resmi Dimulai

Hakim Ghani
Redaksi Travel
Foto: Menpar Arief Yahya di Garut (Hakim Ghani/detikTravel)
Foto: Menpar Arief Yahya di Garut (Hakim Ghani/detikTravel)
Garut - Gebyar Pesona Budaya Garut diresmikan hari ini oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Gelaran ini digelar sekaligus memperingati hari jadi Garut ke-205.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berkunjung ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk membuka Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) 2018. Menpar yang hadir bersama sejumlah perwakilan kedutaan besar negara sahabat menuju lokasi menggunakan delman.

Berdasarkan pantauan detikTravel, Menpar tiba di Garut Kamis (22/2/18) sekitar pukul 08.00 WIB. Saat tiba, rombongan singgah di SMAN 1 Garut yang terletak di Jalan Merdeka, Tarogong Kidul. Di sana, rombongan Menpar terlihat melakukan pertemuan dengan unsur Forkopimda Garut.

Sekitar 30 menit kemudian, rombongan Menpar kemudian bergegas menuju lokasi acara di Lapangan Ciateul, Tarogong Kidul. Sekitar 1 kilometer dari SMAN 1 Garut. Uniknya, rombongan menuju lokasi acara menggunakan delman atau andong.

(Hakim Ghani/detikTravel)(Hakim Ghani/detikTravel)
Wajah sumringah diperlihatkan Menpar. Ia melambai-lambaikan tangan saat disambut ratusan pelajar di sepanjang jalur perjalanan. Tak hanya Menpar, para duta besar dari beberapa negara pun ikut naik delman. Ada yang ketakutan, ada juga yang tampak asyik menungganginya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima detikTravel, Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata mengapresiasi kegiatan bertema 'Gawe Rancage Mawa Karaharjaan' (Kerja Bersama Menuju Kesejahteraan) yang digelar sekaligus memperingati hari jadi Garut yang ke-205 ini.

"Tema ini sangat tepat dengan tujuan dari pariwisata adalah mensejahterakan masyarakat, dan ini telah diperlukan oleh Kabupaten Garut dalam laju pertumbuhan PDRB-nya yang dalam empat tahun terakhir ini (BPS, Kab. Garut dalam angka 2017) mencapai angkat tertinggi 5,85% pada tahun 2016," ungkap Arief.

Arief mengatakan, event GPBG ke-16 tahun 2018 ini masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2018 yang menjadi salah satu magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"CoE 2018 terdiri atas 60 event budaya, 30 alam dan buatan, 10 destinasi prioritas yang penyelenggaraanya mamadukan nilai budaya dan komersial atau cultural values dan commercial Values," ujar Arief. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Negara Tempat Lahirnya Kopi

Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Inilah konon di mana biji kopi dilahirkan. Dari warung pedesaan hingga kafe kekinian menyajikan kopi yang berawal mula dari sini, tempat kelahirannya, Ethiopia.