Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Mar 2018 08:50 WIB

TRAVEL NEWS

Intip, Liong 118 Meter Ramaikan Cap Go Meh Pontianak 

Mustiana Lestari
detikTravel
Liong sepanjang 118 meter di Pontianak (Mustiana Lestari/detikTravel)
Liong sepanjang 118 meter di Pontianak (Mustiana Lestari/detikTravel)
Jakarta - Warna-warni parade barongsai dan liong menyemarakkan perayaan Cap Go Meh di Kota Khatulistiwa semalam. Ribuan orang berjejal menyaksikan parade ini.

Parade barongsai digelar sejak pukul 19.00-22.00 WIB di sepanjang Jalan Gajah Mada, Kota Pontianak. Acara yang disponsori oleh Bank Mandiri tersebut makin riuh dengan pesta kembang api di berbagai titik.

Di antara puluhan barongsai dan liong dari berbagai daerah di Kalbar itu, terdapat dua liong yang menarik perhatian. Bukan hanya warna dan kelap kelip lampunya, dua liong ini juga mempunyai panjang hingga 118 meter dengan ratusan orang yang membawa liong.

Dari informasi yang didapat, liong yang diberi nama Naga Bersinar dan Naga Langit ini, kepalanya naga seberat 6 kg sehingga harus dibawa oleh orang yang benar-benar terlatih.

Intip, Barongsai 118 Meter Ramaikan Cap Go Meh Pontianak Foto: (Mustiana Lestari/detikTravel)


Meski berat, naga liong ini tetap lihai melakukan akrobat. Apalagi saat para petinggi Bank Mandiri membagikan angpao yang disambut meriah masyarakat. Bukan hanya liong dan barongsai, beberapa ikon Tiongkok juga ikutan muncul, sebut saja Sun Go Kong, vampir China hingga ikan-ikan koi dan arwana.

Parade ini terbilang panjang dan lama, namun pengunjung terus berjejal dan semakin banyak hingga mencapai ribuan orang. Tentu ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kaki lima sekaligus restoran di pinggir jalan.

Ari (23) adalah salah satunya. Sambil menonton, pelayan restoran ini juga ketiban rezeki. Dia mengaku senang karena acara tiap tahun ini menjadi berkah bagi dirinya.

Intip, Barongsai 118 Meter Ramaikan Cap Go Meh Pontianak Foto: (Mustiana Lestari/detikTravel)


"Biasanya kita buka sampai jam 12 malam tapi ini baru jam 9 malam makanan sudah pada habis," jelasnya kepada detikTravel, Jumat (2/3/2018) malam.

"Senang karena buat Pontianak jadi ramai. Biasanya nggak kayak gini," ujar pelayan di Cafe La Theris tersebut.

Hari ini, Sabtu (3/3), parade barongsai ini masih berlangsung. Pada Barongsai Festival ini akan dipilih pemenag parade barongsai maupun mobil hias. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED