Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Mar 2018 17:59 WIB

TRAVEL NEWS

Taklukkan 7 Benua Naik Motor Trail, Ini Nenek Gaul Sedunia

Bona
detikTravel
Nenek penakluk 7 benua (stephjeavons/instagram)
Nenek penakluk 7 benua (stephjeavons/instagram)
London - Seorang nenek bernama Step Jeavons punya mimpi keliling dunia. Setelah anaknya dewasa, ia pergi dari rumah dan menaklukan 7 benua dengan motor.

Step Jeavons merupakan seorang wanita Inggris berumur 42 tahun tapi sudah menjadi nenek. Waktu muda, ia memiliki mimpi untuk melakukan ekspedisi dunia dengan menggunakan motor trail 250cc.

"Saya memiliki seorang anak, Nathan, saat saya berusia 18 tahun, yang memperkuat mimpinya utnuk melakukan ekspidisi. Saya adalah seorang penasehat hipotek sampai tahun 2008, namun saya memutuskan untuk mengubah hidup saya dan mendirikan sebuah sekolah motor off road di Wales dengan rekan bisnis," kata Jeavons seperti yang dilihat dari Fox dan blog pribadi Jeavons, Selasa (20/3/2018).

Mimpi tersebut akhirnya terwujud 20 tahun kemudian. Setelah anaknya berusia 24 tahun, pada tahun 2014 Jeavons memulai ekspedisinya.

Taklukkan 7 Benua Naik Motor Trail, Ini Nenek Gaul SeduniaFoto: (stephjeavons/instagram)
"Keluarga saya juga pengendara sepeda motor dan mereka sangat mendukung, teman-teman saya mengatakan mereka tahu saya akan melakukannya, tetapi saya bisa pulang kapan pun saya mau," ujar Jeavons.

Sebelum memulai perjalanan, Jeavons menjual rumahnya, bisnis, barang-barang dan sepeda sebelum meninggalkan beberapa barang sentimental di loteng orangtuanya.

"Dalam waktu enam bulan setelah persiapan, Honda menawari kami kontrak dan dalam waktu 12 bulan, juga melakukan tur di Maroko. Akhirnya, saya memutuskan untuk naik ke tujuh benua," kata Jeavons.

"Saya menggambar garis besar di seluruh dunia di peta di kantorku dan mulai meneliti ke mana aku ingin pergi," ungkap Jeavons.

Bersama motor trail 250 cc yang ia beri nama Rhonda Honda, Jeavons memulai perjalanan dari Colwyn Bay North Wales. Perjalanan berlanjut ke Inggris, Prancis, Belgia, Jerman, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Hungaria, Serbia, Romania, Bulgaria, Turki, India, Malaysia, Indonesia bahkan Afrika.

Taklukkan 7 Benua Naik Motor Trail, Ini Nenek Gaul SeduniaFoto: (stephjeavons/instagram)
Jeavons memiliki kesan tersendiri akan India. Ia menginjakkan kaki di India ketika cucunya lahir. Saat itu pula Jeavons bertemu dengan harimau liar.

"India merupakan tempat yang cukup sulit untuk dikendarai karena panasnya 40 derajat, lalu lintasnya sama buruknya dengan yang dikatakan orang, dan saya sangat sakit karena panasnya," kata Jeavons.

Saat di Indonesia, rupanya Jeavons ingin sekali berkunjung ke Kalimantan. Namun rute perjalanannya cukup rumit dan akhirnya membawa Jeavons ke Pulau Sumtera dan Jawa.

Perjalanan ke Antartika pun ia lakukan dengan menggunakan kapal. Rhonda bahkan hanya rusak sekali dalam perjalanan.

Ethiopia, Kolombia, Iran, dan Meksiko adalah negara-negara yang awalnya ragu ia kunjungi. Namun semuanya itu terpatahkan ketika Jeavons tiba di Iran.

Baca juga: Nenek-nenek Perkasa... Main Tinju

"Dengan tempat-tempat seperti Iran, teman-teman dan keluarga saya cemas karena saya akan ke sana sendirian. Tetapi setiap kali saya berhenti, penduduk setempat mencoba membawa saya ke rumahnya dan memberi saya makan, bahaya terbesar saya mungkin menjadi gemuk," ungkap Jeavons.

Perjalanan ini Jeavons tempuh selama 4 tahun dan berakhir di Cape town, Afrika. Ia telah menempuh hampir 128.747 km yang melikputi 50 negara. Kisah ini menjadi inspirasi bagi traveler yang punya mimpi untuk melakukan ekspedisi ke seluruh dunia. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA