Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Mar 2018 18:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa Bayangan

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Tugu Khatulistiwa lokasi untuk menikmati hari tanpa bayangan di Pontianak (Rachman Haryanto/detikTravel)
Tugu Khatulistiwa lokasi untuk menikmati hari tanpa bayangan di Pontianak (Rachman Haryanto/detikTravel)
Jakarta - Rabu, 21 Maret 2018 akan terjadi fenomena alam langka di Indonesia dan pusatnya ada di Pontianak. Wisatawan bisa pergi ke sana untuk menikmati hari tanpa bayangan.

Indonesia akan mengalami fenomena alam menarik pada Rabu, 21 Maret 2018, Matahari akan berada tepat di atas ekuator (khatulistiwa). Kejadian itu akan membuat Indonesia pada siang hari tidak punya bayangan.


Tidak seluruh Indonesia, melainkan peristiwa tersebut berlangsung pada di wilayah tertentu. Matahari akan berada hampir tepat di atas kepala. Hal ini mengakibatkan tidak ada bayangan tepat di siang hari.

Di daerah ekuator, misalnya di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Matahari akan berada di atas kepala saat tengah hari vernal equinox sehingga sebuah tugu tegak akan tampak tanpa bayangan.
Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa BayanganTugu Khatulistiwa di Pontianak (Rachman Haryanto/detikTravel)
Pada 21 Maret 2018, LAPAN mengungkapkan Matahari akan mencapai titik puncak/kulminasi pada pukul 11.50 WIB. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan kesempatan ini.

Kalau kamu tertarik, masih ada waktu untuk menyusul ke Pontianak. Pusat kegiatan pemantauan titik kulminasi ini adalah di Tugu Khatulistiwa, Jl Khatulistiwa, Pontianak.


Nah kalau berkunjung saat fenomena kulminasi, traveler bisa merasakan berdiri dengan bayangan yang menghilang di sekitar Tugu Khatulistiwa. Ini adalah fenomena alam ketika matahari tepat berada di atas garis Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa BayanganTelur berdiri tegak saat kulminasi matahari (Ivone Suryani/d'Traveler)
Ketika berdiri tepat di garis Khatulistiwa, tidak akan ada bayangan yang terlihat. Selain bayangan bisa menghilang, pengunjung juga bisa melihat fenomena telur yang bisa berdiri di area Tugu Khatulistiwa.

Peristiwa ini akan terulang lagi pada 21-23 September 2018. Jangan dilewatkan!

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui fenomena hari tanpa bayangan yang akan terjadi siang ini di sini:

[Gambas:Video 20detik] (fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA