Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Mar 2018 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Beda Kota, Beda Lagi Jadwal Hari Tanpa Bayangannya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Bali (Thinkstock)
Ilustrasi Bali (Thinkstock)
Jakarta - Siang hari ini Pontianak akan mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Kota lain ada juga yang mengalami fenomena serupa.

Bagi traveler yang belum tahu, hari nir bayangan atau hari tanpa bayangan merupakan peristiwa ketika Matahari berada tepat di atas ekuator atau khatulistiwa. Akibatnya, pada siang hari Sang Surya tepat di atas kepala dan mengakibatkan tiada bayangan.

Nanti siang, posisi Matahari akan tepat berada di atas ekuator. Saat tengah hari, Matahari tepat di atas kepala (titik zenith). Saat itu, semua yang berdiri tegak di ekuator akan tampak hampir tidak memiliki bayangan.

BACA JUGA: Tips Nikmati Hari Tanpa Bayangan, Nomor 5 Penting

Pontianak dengan Tugu Khatulistiwanya pun menjadi salah satu destinasi untuk melihat fenomena tersebut. Selain itu, ada sejumlah kota di Indonesia yang juga mengalami hal serupa.

"Kalau di Indonesia itu fokusnya yang dilintasi ekuator, Bonjol, Pontianak, Parigi Moutong mana lagi gitu," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Gunawan Admiranto via sambungan telepon, Rabu (21/3/2018).

LAPAN menyebutkan, ada juga Hari Tanpa Bayangan di daerah bukan garis Khatulistiwa, tapi tanggal kejadiannya berbeda. Denpasar akan terdampak fenomena alam tersebut pada 26 Februari dan 16 Oktober, Jakarta pada 5 Maret dan 9 Oktober, Belitung 13 Maret dan 1 Oktober dan Sabang 5 April dan 8 September 2018.

"Untuk lintang-lintang yang lebih rendah, lebih selatan atau utara Equator itu juga bisa terjadi tapi tidak di tanggal sekarang, 21 Maret 2018," tutup Gunawan.

Bagi traveler yang belum berkesempatan melihat fenomena hari tanpa bayangan di Pontianak nanti siang, tak usah berkecil hati. Masih ada daerah lain dengan waktu berbeda di Indonesia untuk menyaksikan Hari Tanpa Bayangan. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED