Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Mar 2018 07:05 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Nikmati Hari Tanpa Bayangan, Nomor 5 Penting

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Ilustrasi Tugu Khatulistiwa di Pontianak (Rachman Haryanto/detikTravel)
Ilustrasi Tugu Khatulistiwa di Pontianak (Rachman Haryanto/detikTravel)
Pontianak - Banyak wisatawan datang ke Pontianak untuk fenomena alam Hari Tanpa Bayangan. Ini dia cara menikmati titik puncak matahari dengan maksimal.

Tanggal 21 Maret 2018 menjadi titik kulminasi matahari. Tempat terbaik menikmatinya adalah di Pontianak, Kalimantan Barat yang berada tepat di Garis Khatulistiwa.

Di sinilah akan terjadi fenomena alam Hari Tanpa Bayangan, karena matahari tegak lurus di atas kita. Banyak wisatawan akan berkumpul di Tugu Khatulistiwa untuk menikmati momen ini.

Kalau kamu salah satunya, simak dulu tips penting yang dihimpun detikTravel, Rabu (21/3/2018):

BACA JUGA: Tugu Khatulistiwa, Spot Terbaik Menikmati Hari Tanpa Bayangan

1. Cari jalan terbaik ke Tugu Khatulistiwa

Dari hotel dan tempat tinggal manapun yang kamu inapi di Pontianak, cek rute terbaik menuju Tugu Khatulistiwa. Jangan sampai kena macet yang tidak perlu saat pergi ke sana.

2. Jangan kesiangan

Titik puncak matahari akan terjadi pukul 11.50 WIB menurut LAPAN. Jadi kamu setidaknya sudah berada di Tugu Khatulistiwa 2 jam sebelumnya sekitar 09.50 WIB. Artinya kamu mesti hitung lagi jarak dari hotel atau tempat tinggal ke Tugu Khatulistiwa.

Kenapa? Karena bukan kamu saja yang mau melihat Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa. Banyak warga, wisatawan, peneliti dan media massa akan ada di sana. Pasti ramai.

3. Baju nyaman dan topi

Pakai baju nyaman dan menyerap keringat, suasana pasti panas dan gerah. Jangan lupa pakai topi atau penutup kepala lainnya untuk menangkis teriknya matahari. Sunblock juga jangan lupa ya.

4. Air minum dan cemilan

Menunggu titik kulminasi matahari, jangan sampai kehausan dan dehidrasi. Bawa air minum dan makanan ringan. Kalau sudah dapat spot enak buat nongkrong, sayang kalau ditinggal dan diambil wisatawan lain, cuma gara-gara kita mau pergi dulu beli minuman dan makanan.

(Ivone Suryani/d'Traveler)(Ivone Suryani/d'Traveler)


5. Bawa telur ayam

Lho kok bawa telur? Tips apa ini? Penting banget nih, menikmati Hari Tanpa Bayangan di Tugu Khatulistiwa mesti bawa telur ayam. Sebab, banyak orang yang akan mencoba fenomena unik yaitu telur ayam yang tegak berdiri saat kulminasi matahari.

Kalau bawa telur ayam, kamu bisa coba sendiri daripada menonton orang lain. Hati-hati bawa telur ayamnya, masukan dalam kantung atau wadah supaya tidak pecah.

6. Share foto seru di medsos

Bagilah pengalaman kamu menikmati Hari Tanpa Bayangan kepada teman dan kolega lewat foto-foto di media sosial. Bikin foto-foto seru dan unik tanpa bayangan serta foto lucu saat kamu mencoba menegakan telur ayam.

Hitung-hitung promosi event wisata. Kalau mereka ketinggalan acara, tenang saja. Hari Tanpa Bayangan akan kembali lagi pada 23 September 2018. Selamat bersenang-senang! (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Mosaik Dunia Islam

Foto: Masjid Sahabat Rasulullah di China

Senin, 24 Sep 2018 12:10 WIB

Di Guangzhou, China ada salah satu masjid tertua di duna yang ada sejak abad ke-7. Masjid ini dibangun oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Saad bin Abi Waqqas.