Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Mar 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Thailand Larang Orang Gemuk Naik Kelas Bisnis?

Bona
detikTravel
Ilustrasi Thai Airways (Athit Perawongmetha/Reuters)
Ilustrasi Thai Airways (Athit Perawongmetha/Reuters)
Bangkok - Sebuah maskapai Thailand bernama Thai Airways punya peraturan baru di kelas bisnis Dreamliner. Orang gemuk dilarang naik ke pesawat mereka, beneran?

Thai Airways kini memiliki peraturan baru di kabin kelas bisnis Dreamline. Diintip dari Australian News dan Bangkok Post, Selasa (21/3/2018) peraturan ini diberlakukan karena beberapa hal.

Penumpang dengan ukuran pinggang lebih dari 142,42 cm atau 56 inci (sekitar XXL ke atas) tidak dapat mengencangkan sabuk pengaman pada kantong udara. Inilah standar keselamatan penerbangan baru menurut Lieutenant Prathana Pattanasiri.

Kantong udara ini juga akan menyulitkan bagi orang tua uang membawa anak-anak dalam pangkuan. Sabuk pengaman tidak bisa dipanjangkan karena mekanisme dari airbag.

Baca juga: Maskapai Finlandia Timbang Berat Badan Penumpang Sebelum Terbang

Sebuah survei di Inggris pada bulan November, mengatakan bahwa 4 dari 5 orang penumpang ingin agar penumpang lain yang kelebihan berat badan duduk di zona khusus. Zona ini dibuat dengan tempat duduk, lorong dang ruang kaki yang lebih lebar.

Penelitian dari situs travel UK Jetcost pun memberikan hasil bahwa satu dari 10 penumpang merasa tidak nyaman karena penumpang yang duduk di sebelah mereka kelebihan berat badan.

Thai Airways sendiri memasang kantong udara sabuk pengaman baru di kursi kelas bisnis di armada Dreamliner 787-9.

Rupanya hal ini bukanlah yang pertama. Maskapai penerbangan Finlandia, Finnair mengumumkan untuk menimbang penumpang sebelum mereka naik ke pesawat pada bulan November mendatang. Samoa Air bahkan menjadi maskapai pertama yang menghitung biaya penerbangan berdasarkan berat badan pada 2013.

BACA JUGA: Mobil Matik Mogok Lalu Didorong, Aman atau Tidak?

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED