Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Mar 2018 08:50 WIB

TRAVEL NEWS

Berilah Penghargaan pada Turis yang Bersihkan Sampah di Bali

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Pantai Balangan yang cantik! (Mira Nanda Kurnianta/dTraveler)
Pantai Balangan yang cantik! (Mira Nanda Kurnianta/d'Traveler)
Jakarta - Beberapa kali Bali diterpa isu sampah. Agar membantu mengurangi masalah itu, maka baiknya berikanlah penghargaan turis yang membersihkannya.

Untuk mengurangi sampah di daratan maupun di lautan Bali memang harus dimulai dari kesadaran masing-masing traveler untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Prof Azril Azahari PhD dalam obrolan via telepon dengan detikTravel, Rabu (21/3/2018), menyarankan sebuah konsep yang mungkin bisa dicoba untuk mengurangi sampah yang tercecer.

BACA JUGA: Pembelajaran dari Laut di Bali yang Tercemar Sampah

"Itu ada satu konsep yang berkembang, yang dulu saya coba kembangkan juga di Bali. Si turis itu dia membawa plastik atau apa untuk mengumpulkan sampah dia sendiri, tapi kalau ada sampah orang lain diambil juga. Minimal minuman di plastik dia, sampah dia itu tidak buang (sembarangan), tapi dimasukkan ke plastik baru dia buang, begitu dikasih petugas dikasih reward" ujar Azril.

Bagi turis yang telah mengumpulkan sampah dan membuang pada tempatnya, bisa diberikan hadiah-hadiah kecil. Misalnya saja suvenir-suvenir unik dari Bali.

"Nanti dikasikan kepada petugas. Nah kalau dikasihkan ke petugas kita berikan reward, oleh-oleh apa kerajinan," ucapnya.

Hal ini dianggap bisa menumbuhkan rasa disiplin untuk terus membuang sampah pada tempatnya. Jadi berwisata tapi juga tetap peduli pada lingkungan sekitar.

"Nah kalau ini diangkat bagus, responsible tourism. Berwisata tapi kita masing-masing bertanggung jawab. Jadi bukan petugas saja yang bertanggung jawab untuk membersihkan, tapi wisatawan juga ikut membersihkan," kata Azril.

"Kalau kita buat disiplin ini bagus sebenarnya. Kita sama-sama si turisnya juga ikut membersihkan, turis lain yang wisnus (wisatawan nusantara) juga akhirnya akan kebawa," imbuhnya.

BACA JUGA: Tak Ada Spion, Kamera HP pun Jadi (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED