Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Mar 2018 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Soal Pose Wisatawan Melecehkan Makam Toraja: Tidak Bermoral

Jaya Hartawan
Redaksi Travel
Foto: (Instagram/@infotabedaeng)
Foto: (Instagram/@infotabedaeng)
Toraja Utara - Sempat heboh pose foto 2 wisatawan yang melecehkan makam Toraja. Ini tanggapan para pihak dinas pariwisata di Toraja.

Pihak Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Toraja Utara sangat menyayangkan adanya wisatawan yang melakukan tindakan tak beradab di lokasi objek wisata Kete Kesu.

"Saya baru tahu tadi pagi, jika benar tentunya kami mengutuk keras perbuatan dua orang wisatawan yang telah melecehkan adat dan budaya Toraja. Tengkorak itu leluhur kami. Perbuatan itu sangat tidak bermoral," ujar Kadis Pariwisata dan Budaya Toraja Utara, Harly Patriatno saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (22/3/2018).

"Kami sudah buat aturan atau kode etik bagi para wisatawan yang akan berkunjung atau medatangi objek wisata agar berpakaian sopan, berkelakuan baik serta mematuhi adat istiadat yang berlaku di Toraja," tambah Harly.

BACA JUGA: Tolonglah, Jaga Etika Saat di Makam Toraja

Sebelumnya, aksi 2 wisatawan pria dan wanita yang berpose dengan cara memegang tulang sebagai gitar dan seolah menginjak tengkorak menjadi viral di media sosial. Bahkan, Fitra selaku Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Toraja Utara sangat sedih dengan apa yang dilakukan oleh 2 wisatawan itu.

"Masyarakat harusnya bijak berfoto-foto atau berselfie, sebab makam Toraja itu terkait nilai budaya dan kearifan lokal," kata detikTravel pada Rabu (21/3) kemarin.

BACA JUGA: Biar Aki Mobil Nggak Gampang Soak, Begini Cara Rawatnya (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED