Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Mar 2018 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pujian Menteri Pariwisata Pada Desa Penglipuran

Afif Farhan
Redaksi Travel
Selamat datang di Desa Penglipuran (dok Kemenpar)
Selamat datang di Desa Penglipuran (dok Kemenpar)
Penglipuran - Desa Penglipuran di Bali disebut-sebut sebagai desa wisata terbaik. Suasananya bersih, budayanya kental dan dipuji Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama rombongan Executive Director UNWTO (Wolrd Tourism Organization) Shanzhong Zhu dan rombongan Famtrip Sabah-Sarawak berkunjung ke Desa Penglipuran, Bangli, Bali. Mereka dibuat terpesona akan keasrian Desa Penglipuran ini.

"Destinasinya memang sangat unik. Kehidupan masyarakat, pola komunikasi, mempertahankan tradisi dan budaya lokal, termasuk dalam urusan sosial, komitmen untuk kebersihan bersama, keamanan dan kenyamanan bersama sangat kental dengan nuansa Bali," puji Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dalam rilis yang diterima detikTravel, Kamis (29/3/2018).

Rapinya desa ini sudah terlihat sejak di pintu masuk begitu melewati Candi Bentar, pintu gerbang kawasan atau perkampungan khas Bali. Tanaman perindang di kanan kiri jalan tertata rapi. Suasanyanya hijau dan asri. Udara sejuk berkisar 20 derajat celcius, juga ikut membungkus desa yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut itu.

Pujian Menteri Pariwisata Pada Desa PenglipuranFoto: (dok Kemenpar)


Kondisi lebih tertata terlihat setelah masuk kawasan pemukiman desa. Ada tempat parkir dengan paving, wantilan atau aula pertemuan terbuka tanpa dinding, hingga taman-taman di depan rumah. Tempat sampah tidak hanya untuk dua jenis, tapi sampai lima jenis.

BACA JUGA: Mobil Terbaik Dunia 2018

Selain itu, kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil tidak boleh masuk jalan utama di tengah desa. Mereka harus memutar di jalan raya yang mengelilingi desa tersebut. Karena itulah desa ini juga terjaga dari polusi suara ataupun udara kendaraan bermotor. Agen-agen pariwisata di Bali pun terbius dengan sejumlah pesona tadi.

"Banyak spot keren yang bisa jadi latar belakang foto-foto. Bagus sebagai kenang-kenangan. Ini bukti bahwa saya sudah pernah jalan-jalan ke salah satu desa paling bersih di dunia," timpal Ho Jit Cun, Director Kuching Holidays & Car Rental Sdn Bhd.

Pujian Menteri Pariwisata Pada Desa PenglipuranFoto: (dok Kemenpar)


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED