Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Feb 2020 09:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa Penglipuran Tak Perkenankan Turis dan Warga Bawa Kendaraan

Angga Riza
detikTravel
Desa Penglipuran
Desa Penglipuran di Bali (Angga Riza/detikcom)
Bangli -

Desa Penglipuran di Bali dikenal dengan desa terbersih di dunia. Ketika ingin memasuki desa, ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh turis dan warga.

Salah satu desa terbersih di dunia yang berada di Kabupaten Bangli, Bali tidak memperkenankan para pengunjung untuk membawa motor maupun mobil masuk ke jalan utama desa. Warga setempat juga tidak boleh menggunakan kendaraan.

Foto: (Angga Riza/detikcom)

Peraturan ini sudah menjadi kesepakatan warga setempat melalui keputusan bersama hanya boleh sampai parkiran yang disediakan. Kecuali untuk para disabilitas diperbolehkan menggunakan kursi roda.

"Untuk kendaraan mobil, sepeda motor, termasuk sepeda gayung dilarang masuk jalan ke utama desa adat hanya sampai tempat parkir yang sudah disiapkan. Kecuali untuk disabilitas memang dipersilahkan kursi roda karena itu sebagai rasa kemanusian, warga disini juga dilarang kita sudah komitmen sudah tidak boleh," kata I Nengah Moneng kepada detikcom saat di temui, Sabtu (22/2/2020).

Sementara itu, pengelola juga menghimbau untuk pengunjung yang berasal dari mancanegara untuk tidak membawa minuman keras maupun narkoba. Selain itu, pengunjung juga harus berpakaian sopan saat masuk ke tempat suci.

"Kalau yang turis itu dilarang bawa barang barang yang memang dilarang oleh pemerintah seperti ya minuman keras narkoba sejenisnya dilarang. Kemudian kalau masuknya kalau berpaikan ke tempat suci harus berpaikan adat," jelas Moneng.



Simak Video "Viral WNA Berkerumun Abaikan Protokol Kesehatan di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA