Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Apr 2018 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pulau Terindah Filipina akan Ditutup Demi Jaga Lingkungan

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Pantai di Boracay, Filipina (AFP)
Foto: Pantai di Boracay, Filipina (AFP)
Malay - Destinasi wisata pantai yang begitu populer di Filipina rencananya akan ditutup. Penutupan ini demi kelestarian lingkungan pulau yang indah itu.

Pulau Boracay berlokasi sekitar 315 km dari Manila, Ibu Kota Filipina. Boracay menjadi salah satu destinasi wisata pantai terfavorit karena keindahannya yang memanjakan mata.

Namun Boracay rupanya menyimpan masalah lingkungan. Dilihat detikTravel dari Rappler, Senin (2/4/2018), pada Februari 2018 lalu Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan ia ingin menutup Boracay karena adanya masalah lingkungan.

Hal tersebut disebabkan oleh pelaku bisnis yang kurang memperhatikan soal pembuangan limbah dan sampah dengan tepat di Boracay. Sejumlah perusahaan kabarnya ada yang membuang limbah langsung ke laut.

Setelah berbagai rekomendasi dari agensi-agensi pemerintahan terkait apa yang harus dilakukan untuk Boracay, pihak Istana Malacanang pun akan segera mengambil keputusan. Seperti diberitakan Lonely Planet, rencananya Boracay akan ditutup akhir bulan April, agar lingkungan sekitar pulau bisa dibersihkan.

(Charlie Saceda/Reuters)(Charlie Saceda/Reuters)
Pembersihan pulau bisa dilakukan lebih fokus dan cepat dengan keadaan yang sepi tanpa turis. Fasilitas yang memungkinkan untuk mengolah limbah padat pun diharapkan bisa dibangun. Dengan bantuan penduduk setempat, kegiatan bersih-bersih pulau rencananya bisa selesai kurang dari 6 bulan.

Nantinya kalau Boracay ditutup, wisatawan untuk sementara tak bisa berkunjung ke sana. Namun pulau akan tetap terbuka buat penduduk yang memang tinggal di Boracay.

BACA JUGA: Rizal Park Manila: Monas Ala Filipina

Dikutip dari Inquirer, penutupan Boracay tentunya akan berdampak pada sektor pariwisata setempat. Turis yang ingin ke Boracay tampaknya memang harus menunda keberangkatan terlebih dahulu sampai ada kepastian kapan pulau akan kembali dibuka.

Pulau ini setiap tahunnya dikunjungi banyak turis dari Filipina maupun negara lain, seperti China dan Korea. Tahun 2017 kemarin sekitar 2 juta turis berkunjung ke Boracay. Pekerja pariwisata di Boracay jumlahnya juga tidak sedikit, mencapai sekitar 19.031 orang.

BACA JUGA: Mekanik Cantik dan Seksi Filipina (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!