Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Apr 2018 07:55 WIB

TRAVEL NEWS

Duh! Karya Seni Ratusan Juta Rupiah Pecah Disentuh Turis

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Jeff Koons dan Gazing Ball di Hong Kong tahun 2016 (Anthony Wallace/AFP/Getty Images)
Foto: Jeff Koons dan Gazing Ball di Hong Kong tahun 2016 (Anthony Wallace/AFP/Getty Images)
Amsterdam - Kalau ke pameran seni, sebaiknya jangan menyentuh koleksi yang dipajang. Yang terjadi di Amsterdam, karya seni pecah gara-gara dipegang pengunjung.

De Nieuwe Kerk, gereja yang berdiri sejak abad ke-15 di Amsterdam, Belanda mengadakan pameran seni dan memajang karya seniman Amerika Serikat, Jeff Koons. Gereja ini memang seringkali mengadakan pameran seni.

Ditengok detikTravel dari Dutch News, Kamis (12/4/2018) karya Jeff Koons yang dipajang adalah Gazing Ball, tempilannya berupa bola kaca biru kobalt. Ini dipasang di rak alumunium, di sisi depan lukisan replika dari seniman Renaisans Italia Pietro Perugino bertajuk Madonna and Child with Four Saints (1500-1501).

BACA JUGA: 3 Hari 2 Malam Keliling Amsterdam Sampai Puas

Dengan adanya penambahan Gazing Ball di lukisan ini tujuannya untuk mentransformasi karya seni menjadi tampilan 3 dimensi interaktif. Gazing Ball dipajang di De Nieuwe Kerk sejak sekitar Februari sampai April.

Oeps broken Koons #jeffkoons #nieuwekerk #amsterdam 馃悾

A post shared by Mich馃崿u Daniels (@famousmichouamsterdam) on Apr 8, 2018 at 9:32am PDT


Seperti diberitakan Lonely Planet, di hari terakhir karya Jeff Koons dipajang, ada traveler yang penasaran menyentuh Gazing Ball. Tak disangka, setelah dipegang traveler itu, Gazing Ball jatuh ke lantai dan pecah.

BACA JUGA: Suka Parkir Sembarangan? Bisa-bisa Hukuman Aneh Ini Menanti

Pengunjung tersebut kabarnya sangat kaget saat melihat karya seni bernilai mahal itu pecah berantakan. Pihak penyelenggara pameran sebenarnya sudah memberi garis batas untuk tidak terlalu dekat ke karya seni, apalagi menyentuhnya. Ada pula sekuriti yang bertugas menjaga karya seni.

Dikutip dari Highsnobiety, pecahan Gazing Ball tidak mengenai pengunjung dan tak ada yang terluka dari kejadian ini. Belum diketahui identitas traveler iseng yang memecahkan karya Koons itu. Pihak penyelenggara pameran masih bekerjavsama dengan studio Jeff Koons untuk menaksir berapa kerugian dari rusaknya karya seni ini. Gazing Ball sendiri digadang-gadang bernilai USD 60 ribu (Rp 826 juta).

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED