Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Apr 2018 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Menyandang UNESCO Global Geopark, Tugas Berat Menanti Rinjani

Afif Farhan
detikTravel
Gunung Rinjani, akhirnya menjadi bagian UNESCO Global Geopark (riocandrap/dTraveler)
Gunung Rinjani, akhirnya menjadi bagian UNESCO Global Geopark (riocandrap/d'Traveler)
Jakarta - Sudah menjadi UNESCO Global Geopark, bukan berarti 'pekerjaan' di Gunung Rinjani selesai. Sebaliknya, ada tugas berat yang menanti.

Pekan lalu, Gunung Rinjani sudah resmi ditetapkan sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark di Paris, Prancis. Artinya, kini salah satu Seven Summits Indonesia itu telah menyandang gelar sebagai geopark dunia.

Bagi Kadispar NTB, Lalu M Faozal tentu itu adalah kabar gembira. Namun di lain sisi, menurutnya ada tugas berat yang menanti Gunung Rinjani.

"Tugas berat kita adalah mengawal atau maintenance Gunung Rinjani dari status tersebut," tegasnya kepada detikTravel, Senin (16/4/2018).

BACA JUGA: Jadi UNESCO Global Geopark, Semoga Rinjani Makin Mendunia

"Kita harus lebih siap memastikan tata kelola dari destinasi di dalam global geopark Gunung Rinjani ini. Kemudian daya dunung SDM, apa bentuknya? Ya masyarakat di lingkar kawasan Gunung Rinjani harus ada edukasi tourism dan hospitality. Misalnya, harus lebih aware menerima kunjungan turis dan semacamnya," papar Faozal.

Lebih lanjut, soal amenitas. Faozal berharap, amentias di sekitar kawasan Gunung Rinjani seperti di Sembalun misalnya, sudah harus tersedia dengan baik. Itu bertujuan agar makin memudahkan dan bikin wistawan lebih nyaman.

"Tugas berat menanti Gunung Rinjani. Kami selaku pihak Dinas Pariwisata akan saling bergandeng tangan dengan pihak taman nasional," pungkas Faozal.

BACA JUGA: Jokowi Asyik Motoran, Jaksa Agung M Prasetyo Pilih Mobil Klasik (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED