Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Apr 2018 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Semua Orang Makin Sayang Sungai Citarum

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Foto: Aksi tanam kayu putih di Situ Cisanti (dok Accor Hotels)
Foto: Aksi tanam kayu putih di Situ Cisanti (dok Accor Hotels)
Bandung - Perlahan namun pasti, kepedulian soal nasib Sungai Citarum semakin meningkat. Para pelaku usaha hotel di Jawa Barat ikut terjun menanam pohon di Situ Cisanti.

Dalam rilis kepada detikTravel, Senin (23/4/2018) grup AccorHotels di Jawa Barat ikut dalam Gerakan Citarum Harum pada 20 April 2018. Mereka menanam 100 pohon kayu putih di KM 0 Sungai Citarum, Situ Cisanti.

Aksi ini bagian dari PLANET21 Day, program pengembangan berkelanjutan dari AccorHotels secara global dan bentuk tanggung jawab pihak hotel di Jawa Barat, tempat Sungai Citarum berada.

Para manajer dan karyawan hotel yang terlibat adalah Grand Mercure Bandung Setiabudi, Novotel Bandung, Mercure Bandung City Centre, Mercure Karawang, ibis Styles Bandung Braga, ibis Styles Cikarang, ibis Bandung Trans Studio, ibis Bandung Pasteur, ibis Budget Bandung Asia Afrika, ibis Budget Cirebon, ibis Budget Cikarang Cifest, dan Nexa Hotel Managed by AccorHotels.

Situ Cisanti yang indah (dok Kodam III Siliwangi)Situ Cisanti yang indah (dok Kodam III Siliwangi)
Patrick Sibourg, General Manager ibis Bandung Trans Studio dan Cluster General Manager untuk Bandung menyampaikan mereka tidak sekadar menanam tapi juga akan mengawasi pertumbuhan pohonnya. Harapannya kayu putih ini bisa membantu menjaga resapan di mata air Sungai Citarum yang juga merupakan destinasi wisata.

"Tidak hanya sampai disitu, kami sebagai pelaku industri juga berharap bahwa konservasi sungai Citarum dari ancaman erosi lahan perkebunan bisa diminimalisir di area hulu, dan mengurangi pencemaran di area hilir sungai. Area-area hilir sungai ini lokasinya sangat dekat dengan hotel-hotel kami. Semakin bersih Citarum, semakin nyaman para warga dan pendatang untuk berkunjung ke Jawa Barat," kata Patrick.

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Keberadaannya memiliki nilai sejarah, ekonomi, sosial dan pariwisata. Saat ini Sungai Citarum mengalami pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Mata air di Situ Cisanti (dok Kodam III Siliwangi)Mata air di Situ Cisanti (dok Kodam III Siliwangi)
Program Citarum Harum diusung Presiden Jokowi lewat Perpres No 15/2018. Semua pihak dari industri, pelaku usaha dan masyarakat diminta aktif menjaga kelestarian Citarum.

Kayu putih yang ditanam di Situ Cisanti dirawat dengan pupuk organik biogas dari PT Inovasi Daya Lestari. Hal ini untuk mengurangi ketergantungan terhadap pupuk non organik yang mahal dan kurang ramah lingkungan. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED