Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Apr 2018 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Maskapai yang Dilarang Terbang di Eropa, Ada dari Indonesia

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi pesawat (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi pesawat (Thinkstock)
Jakarta - Kawasan Uni Eropa dikenal sangat ketat dalam hal standar keamanan penerbangan. Ada 178 maskapai yang dilarang terbang di sana, 55 diantaranya dari Indonesia.

Uni Eropa punya daftar Air Safety List yang berisi daftar maskapai-maskapai dunia yang dilarang terbang di langit Eropa. Setiap tahunnya daftar ini terus diupdate.

Update terbaru dalam daftar ini dilakukan pada November 2017 silam. Dalam daftar yang terbaru ini, ada 178 maskapai dari berbagai negara yang dilarang terbang di sana.

Dilihat detikTravel dari laman resmi Uni Eropa, Rabu (25/4/2018), dari 178 maskapai yang dilarang terbang ini, maskapai asal Indonesia terbanyak di dalam daftar (ada 55 maskapai). Kemudian disusul Republik Demokratik Kongo (21 maskapai), Nepal (18 maskapai), dan Kyrgyzstan (13 maskapai).

Sisanya berasal dari negara-negara di Afrika seperti Gabon, Sierra Leone, Sudan, Libya, dan juga Kongo. Negara Asia lain seperti Afghanistan, Iraq dan Iran juga ada di dalam daftar.

Alasan utama maskapai-maskapai ini dilarang terbang di Eropa tentu saja masalah keamanan. Komisi Uni Eropa dalam Aviation Strategy 2015 menyatakan bahwa mereka sangat serius dalam hal 'maintain high levels of safety' alias menjaga standar keamanan penerbangan mereka.

"Tujuan kami adalah menjaga keamanan di langit Eropa. Air Safety List ini adalah alat paling efektif yang kami punya untuk mencapai tujuan itu," kata Violeta Bulc, Komisioner Uni Eropa di bidang transportasi.

Sebenarnya ada 2 daftar dalam Uni Eropa Air Safety List, yaitu Annex A dan Annex B. Annex A berisi daftar maskapai yang dilarang beroperasi di langit Eropa, dengan beberapa pengecualian. Isinya ada 178 maskapai tadi.

Sedangkan di Annex B, berisi 6 maskapai yang dilarang beroperasi dengan menggunakan jenis pesawat tertentu. Misalnya Air Koryo dari Korea Utara yang dilarang terbang ke Eropa menggunakan pesawat tipe Tupolev Tu-204.

Berikut daftar negara dan jumlah maskapai yang dilarang terbang di Eropa:

Afghanistan: 5 Maskapai
Angola: 13 Maskapai
Republik Kongo: 8 Maskapai
Republik Democratik Kongo: 21 Maskapai
Djibouti: 1 Maskapai
Equatorial Guinea: 2 Maskapai
Eritrea: 2 Maskapai
Gabon: 6 Maskapai
Indonesia: 55 Maskapai
Iran: 1 Maskapai
Iraq: 1 Maskapai
Kyrgyzstan: 13 Maskapai
Libya: 7 Maskapai
Nepal: 18 Maskapai
Nigeria: 1
Sao Tome and Principe: 2 Maskapai
Sierra Leone: 7 Maskapai
Sudan: 12 Maskapai
Suriname: 1 Maskapai
Venezuela: 1 Maskapai
Zimbabwe: 1 Maskapai (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED