Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Apr 2018 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Sampah Jadi Masalah di Puncak Gunung Tertinggi Indonesia

Afif Farhan
Redaksi Travel
(Adventure Carstensz)
(Adventure Carstensz)
Timika - Sedih, Carstensz di Papua sebagai puncak tertinggi Indonesia juga tidak lepas dari masalah sampah. Duh!

Hal itu dipaparkan oleh Maximus Tipagau, pemilik tur operator Adventure Carstensz. Pekan lalu, dirinya bersama konsultan wisata asal Kanada, Manuel Pizarro melakukan aksi bersih-bersih di sekitar Puncak Carstensz.

"Kami melakukan bersih-bersih di sekitar Balidam, Danau 1, 2 dan 3 serta di Basecamp Danau-danau (ketinggian 4.300-an mdpl). Itu masih banyak sampah yang ditinggalkan oleh pendaki," kata Maximus kepada detikTravel, Senin (30/4/2018).

Dalam kesempatan yang sama Manuel Pizzaro juga mengungkapkan pentingnya kebersihan. Memang fasilitas di sekitar Puncak Carstensz tidak ada apa-apa seperti pos pendakian.

"Tapi kalau tidak ada fasilitas, bukan berarti pendaki bisa buang sampah sembarangan. Kebersihan adalah hal utama dan mendasar untuk pengelolaan suatu destinasi wisata. Itu harus dimulai dari diri pendaki sendiri, seperti membawa sampah saat turun," paparnya.

Sampah Jadi Masalah di Puncak Gunung Tertinggi IndonesiaAksi bersih-bersih sampah oleh Adventure Carstensz (dok Adventure Carstensz)


Manuel mengungkapkan, Puncak Carstensz sejatinya adalah destinasi wisata yang sangat indah. Puncak Carstensz sendiri merupakan salah satu dari Seven Summit dunia (7 puncak tertinggi di 7 benua).

"Potensinya luar biasa, sangat luar biasa. Alamnya, orang-orangnya dan tantangan untuk pendaki semua komplit di sini," pujinya.

Sampah Jadi Masalah di Puncak Gunung Tertinggi IndonesiaMaximus (kiri) dna Manuel (berhelm putih) (dok Adventure Carstensz)


Hanya saja, tambah Manuel, belum ada pengelolaan yang baik untuk Puncak Carstensz. Ada baiknya, pemerintah memperhatikan destinasi ini walau masuk dalam daftar wisata minat khusus.

BACA JUGA: Orang Papua Pertama yang 'Menjual' Puncak Carstensz

"Lihat saja Gunung Kilimanjaro di Afrika yang didatangi ratusan ribu pendaki setiap tahun. Meski begitu, alamnya terjaga dan akses pendukung wisatanya lengkap. Dari satu gunung, bisa menghidupkan penduduk di sekitarnya," tutur Manuel.

Sampah Jadi Masalah di Puncak Gunung Tertinggi Indonesia (Adventure Carstensz)


Selama sepekan lebih Manuel di Papua, tepatnya di Timika, dia memberikan pelatihan kepada staff Adventure Carstensz. Dia memberi pelatihan bagaimana memberikan servis kepaada turis, pelatihan tali-menali dan masih banyak lagi.

"Saya sangat berterimakasih atas Adventure Carstensz yang peduli dan mengelola wisata di sekitar Puncak Carstensz. Mereka orang-orang asli Papua dan itu sudah menjadi kesadaran yang bagus, tinggal bagaimana pemerintah harus membantu," tutupnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Saat Gunung Fuji Dilanda Macet

Kamis, 16 Agu 2018 21:28 WIB

Kemacetan bisa muncul juga di Gunung Fuji, Jepang. Bedanya kalau Gunung Fuji, bukan dipenuhi antrean mobil dan motor, melainkan manusia.