Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Mei 2018 17:55 WIB

TRAVEL NEWS

Festival 3 Gunung Lembata Siap Digelar

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Suasana launching Festival 3 Gunung Lembata di Kemenpar (Randy/detikTravel)
Foto: Suasana launching Festival 3 Gunung Lembata di Kemenpar (Randy/detikTravel)
Jakarta - Selama ini Kabupaten Lembata di NTT dikenal akan tradisi berburu ikan paus. Selain itu, Lembata juga punya 3 gunung sebagai daya tarik wisata.

Hal itu pun diceritakan lewat peluncuran Festival 3 Gunung Lembata di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/5/2018). Untuk pertama kalinya, festival itu akan diadakan pada 22-29 September 2018 mendatang.

Diungkapkan oleh Bupati Kabupaten Lembata, Eliaser Yentji Sunur, bahwa festival tersebut akan jadi ajang pengenalan destinasi wisata alam di sana. Khususnya 3 gunung di Lembata dengan keunikannya masing-masing.

"Pertama Gunung Ile Batutara, gunung ini meletus tiap 20 menit. Gunung Ile Lewotolok, bisa bermain bola di dalam kawah gunung dan Ile Werung," ujar Eliaser.

BACA JUGA: Kata Menteri Susi, Ini Surga Kecil di Timur Indonesia

Selain mengenalkan 3 gunung di atas lewat festival, Eliaser juga mengemas keindahan Lembata lewat sejumlah aktivitas menarik. Tidak hanya itu, ada banyak destinasi wisata di Lembata yang menarik dan bisa dikunjungi oleh wisatawan selama festival.

"Wisata adventure penangkapan ikan paus, sore bisa lihat Air Pelangi, Stone Garden, wisata floating swimming pool," cerita Eliaser.

Lebih lanjut, Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana turut memuji Lembata dalam pidato sambutannya. Ia juga memuji pihak Lembata karena telah menempatkan Pariwisata sebagai salah satu sektor andalannya.

"Lembata kita tahu memiliki sumber daya alam luar biasa. Alam ada gunung, bawah laut, pantai, petualangan dan kegiatan adventure lainnya yang pasti tidak dapat dijumpai di tempat lain. Budaya, kita tidak ragu kalau Lembata punya kebudayaan menarik yang bisa dikapitalisasi untuk pariwisata. Kemenpar sangat mendukung Festival 3 Gunung yang ada di Lembata,"ujar Pitana.

Tahun 2016 lalu, Lembata dikunjungi oleh 6.921 wisatawan yang terdiri dari wisnus sebanyak 6.500 dan wisman sebanyak 361. Di tahun 2017, jumlahnya mengalami kenaikan sebanyak 10.051 wisatawan yang terdiri dari 88 ribu wisnus dan 1.273 wisman. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Wisata Pantai

Pantai Ini Nggak Kalah Sama Maldives

Senin, 22 Okt 2018 11:09 WIB

Maldives terkenal dengan air lautnya yang jernih. Negeri kita pun punya banyak pantai dengan laut yang tidak kalah jernihnya, inilah Gili Trawangan, Lombok.