Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mei 2018 16:51 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Sampai Diusir dari Pesawat, Ini yang Traveler Mesti Ingat

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Ilustrasi pesawat NAM Air (Ardian Fanani/detikTravel)
Ilustrasi pesawat NAM Air (Ardian Fanani/detikTravel)
Jakarta - 4 Penumpang maskapai NAM Air diturunkan dari pesawat karena iseng memainkan jaket pelampung. Traveler sekalian, jangan bikin malu seperti itu ya!

Senior Manager Corcomm Sriwijaya Group Agus Soedjono yang juga menaungi maskapai NAM Air mengimbau kepada para traveler agar tidak bermain-main dengan aturan penerbangan. Aturan itu ada untuk memastikan standar keselamatan penerbangan.

Dalam kasus penumpang iseng mengembangkan jaket pelampung pada kejadian 9 Mei 2018 silam dalam penerbangan Semarang-Denpasar, NAM Air bertindak tegas menurunkan 4 pelaku dari pesawat.

"Penumpang kan harus patuh regulasi di pesawat," kata Agus kepada detikTravel, Jumat (18/5/2018).


Menurut Agus, jangan sampai traveler dianggap sebagai Unruly Passenger, penumpang yang tidak patuh aturan. Mereka bisa diusir dari pesawat atau bahkan berurusan dengan hukum. Apa sih batasannya?

"Batasannya ya melakukan hal-hal di luar kebiasaan lazimnya penumpang di dalam penerbangan. Misalnya saja ngomong 'ada bom'," jelas Agus.

Menurut SOP, jika ada penumpang bikin ulah, awak kabin harus melapor kepada kapten pilot. Kapten pilot akan berkordinasi dengan bandara dan pihak keamanan sebelum memberi keputusan.

"Semua keputusan ada di kapten pilot," pungkasnya.

Dalam kejadian penumpang usil mengembangkan jaket pelampung, pilot memutuskan RTA (return to apron). Pesawat kembali ke parkiran, penumpang yang bikin ulah diturunkan, kemudian pesawat kembali terbang tanpa penumpang yang bermasalah. Kejadian ini baru ramai diketahui netizen seminggu setelah kejadian, karena beredar di media sosial.

(fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED