Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jun 2018 12:35 WIB

TRAVEL NEWS

Semarak Libur Lebaran, Borobudur Berhias Topeng Warna-warni

Pertiwi
Redaksi Travel
Foto: Tampilan Candi Borobudur khusus libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 (Pertiwi/detikTravel)
Foto: Tampilan Candi Borobudur khusus libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 (Pertiwi/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Magelang - Menyambut wisatawan di Libur Lebaran kali ini, Borobudur bersolek. Jalan menuju candi pun dipercantik dengan ratusan topeng warna-warni.

Libur Lebaran tahun ini, Candi Borobudur di Magelang bersolek. Ada ratusan topeng berbagai wujud dan kukusan bambu yang dipasang sedemikian rupa untuk memperindah tampilan Candi Borobudur di sepanjang jalan masuk atau sisi timur candi.

Pihak pengelola candi, yakni PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) sengaja memilih topeng sebagai tema hiasan pada libur panjang kali ini. Bukan tanpa alasan, topeng dianggap memiliki filosofi tersendiri.

"Topeng adalah simbol dari misteri. Seperti yang kita ketahui, Candi Borobudur sebagai candi umat Buddha terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Maka di dalam candi itu sendiri masih banyak misteri yang perlu diungkapkan menjadi bahan kekayaan dari sudut seni budaya," ungkap Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWCB) Ricky SP Siahaan, Rabu (13/6/2018).

Ricky menyebutkan, banyak misteri yang terkandung di dalam candi dan tergambar dalam setiap reliefnya. Mulai dari sudut seni budaya, tata berpakaian orang zaman dahulu, tata kelola rambut, dan sebagainya.

"Semua itu masih belum tereksplor secara masif sehingga kita katakan masih misteri. Sejauh ini ada beberapa yang sudah kita eksplor. Namun masih banyak PR yang harus kita ungkapkan tentang misteri-misteri itu," terang Ricky.

Semarak Libur Lebaran, Borobudur Berhias Topeng Warna-warniFoto: (Pertiwi/detikTravel)
Di samping itu, Ricky berharap, keberadaan aksesoris topeng dan kukusan tersebut mampu memperindah tampilan Candi Borobudur. Sehingga membuat wisatawan tidak bosan.

"Wisatawan juga bisa berfoto-foto dulu di sini sambil menunggu antrean naik ke candi," tuturnya.

BACA JUGA: Libur Lebaran, Candi Borobudur Siap Sambut Wisatawan

Adapun bambu-bambu yang dipergunakan untuk memasang topeng dan kukusan menunjukkan suasana di sekitar Candi Borobudur.

"Desa-desa di sekitar Candi Borobudur masih banyak yang memiliki pohon bambu, dan ini merupakan ciri khas Borobudur. Semua ini kita rangkai sebagai tema dan peringatan Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018," kata Ricky.

(Pertiwi/detikTravel)(Pertiwi/detikTravel)
General Manager PT TWCB I Gusti Putu Ngurah Sedana, menambahkan pada masa libur lebaran 1439H/2018 ini pengelola menargetkan kunjungan ke Candi Borobudur sebanyak 356.747, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Target ini naik 7,5 persen dari tahun sebelumnya, karena cuti Lebaran tahun ini lebih panjang. Ada berbagai fasilitas dan wahana yang telah disiapkan untuk menyambut para pengunjung," jelasnya. (krn/krn)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED