Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jun 2018 13:30 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Minuman, Vending Machine Ini Sediakan Payung Gratis

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Tokyo - Vending machine banyak ditemukan di Jepang. Namun tak hanya menjual minuman, ada pula yang menyediakan sewa payung gratis.

Traveling ke Jepang saat musim panas nggak kalah asyik dibanding musim semi. Namun memang traveler harus sedia payung karena memasuki musim panas, tak jarang turun hujan dan badai. Buat yang lupa membawa payung, jangan khawatir karena ada vending machine yang menyediakan payung.

Ditengok detikTravel Sora News 24, Senin (11/6/2018), vending machine dari perusahaan Dydo lah, yang menyediakan jasa sewa payung gratis. Jadi di sisi depan vending machine dipenuhi jejeran minuman, sedangkan di sampingnya untuk meletakkan payung.

Traveler yang ingin memakainya, tinggal ambil saja tanpa perlu bayar. Asyiknya lagi, traveler juga tak harus membeli minuman dulu untuk bisa sewa payung. Nah, setelah selesai digunakan, payung bisa dikembalikan ke vending machine Dydo mana pun yang mudah ditemukan.

Vending machine yang sediakan sewa payung gratis (DyDo)Vending machine yang sediakan sewa payung gratis (DyDo)


Seperti diberitakan Japan Times, perusahaan Dydo menyediakan sewa payung di vending machine sejak 2015 lalu. Awalnya vending machine tersebut hanya ada di Osaka saja. Berdasarkan survei Dydo tahun 2016, 70% orang yang meminjam payung benar-benar mengembalikannya.

Akhirnya vending machine dengan sewa payung pun diperbanyak dan diletakkan di berbagai daerah di Jepang. Seperti Tokyo, Fukuoka, Yamanashi, Nagano dan Niigata. Rencananya ada 500 vending machine di 16 prefektur pada 2018.

BACA JUGA: 'Vending Machine Meleleh' di Jepang, Aneh Banget!

Dari semua payung yang ada, 40% disediakan oleh Dydo sendiri, sedangkan sisanya adalah dari perusahaan penyedia layanan kereta Jepang. Rupanya, tak jarang ada payung traveler yang tertinggal saat naik kereta di stasiun.

Nah payung-payung yang tak diambil lagi oleh pemiliknya ini tidak dibuang, melainkan dibersihkan dan diperbarui dengan gagang Dydo lalu diletakkan di vending machine untuk disewakan gratis. (krn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED