Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Jun 2018 22:50 WIB

TRAVEL NEWS

November Nanti, Nias Gelar Festival Ya'ahowu

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Festival Yaahowu siap digelar di Nias (Randy/detikTravel)
Foto: Festival Ya'ahowu siap digelar di Nias (Randy/detikTravel)
Jakarta - Pesona budaya dan ombak Nias telah dikenal oleh banyak wisatawan asing. Keindahannya akan dipamerkan secara lebih heboh lewat Festival Ya'ahowu November nanti.

Dalam event wisata bertajuk Festival Ya'ahowu, Nias mulai menyapa dunia sesuai dengan arti katanya sendiri sebagai salam sejahtera dalam bahasa Nias. Festival tahun ini pun menjadi kebaruan dari acara sebelumnya yang dikenal sebagai Pesta Ya'ahowu.

Festival yang terdiri dari sejumlah rangkaian acara itu pun diluncurkan berbarengan dengan World Surfing League Nias Pro 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Senin malam (25/6/2018). Turut hadir Menpar Arief Yahya, Menkumham Yasonna Laoly sebagai perwakilan putra daerah dan Bupati Nias Selatan Hilarius Duha serta jajaran terkait.

"Baik dari cultural, natural, best Nias itu, kelas dunia. Festival Ya'ahowu 2018 oleh bu Esty (Staff Khusus Kemenpar urusan Multikultural - red) dipilih masuk top 100 event nasional Indonesia. Padahal Ya'ahowu ini baru bangkit lagi tahun 2016 - 2017 ini tahun ke-3, baru 2 tahun tapi sudah terpilih top 100 calendar of event Wonderful Indonesia," puji Arief yang dibarengi tepuk tangan.

(Randy/detikTravel)(Randy/detikTravel)
Rencananya, Festival Ya'Ahowu akan dilangsungkan di Nias Selatan pada 16-20 November 2018. Acara pun akan diramaikan oleh pameran produk unggulan dan kuliner Nias, parade budaya keliling kota Telukdalam, kendaraan hias, 100 orang pelompat batu dan atraksi budaya dari kabupaten kota se-kepulauan Nias.

Yang lebih menariknya lagi, juga akan diadakan World Surfing League Nias Pro 2018 bertaraf internasional pada 24-28 Agustus di Pantai Sorake yang mendahului Festival Ya'ahowu. Segala keindahan alam budaya Nias akan dikupas habis. Menkumham Yasonna sebagai putra daerah pun sangat mendukung terselenggaranya event wisata nasional tersebut.

"Nias wisata bahari cutural peninggalan sejarah dan potensi lainnya saya kira harus dieksploitasi agar jadi sumber pendapatan daerah. Saya kira beberapa tahun ke depan masyarakat luar dan Indonesia akan berbondong-bondong ke sana dan Nias jadi destinasi terkenal di Indonesia dan luar negeri," ujar Yasonna.

Senada dengan Yasonna, Bupati Nias Selatan Hilarius juga berharap agar event wisata ini dapat membuat Nias lebih dikenal sekaligus mensejahterakan masyarakatnya. Ke depannya, Hilarius berharap agar ada lebih banyak lagi event di Nias. Untuk Festival Ya'ahowu sendiri, persiapannya telah mencapai 80%.

"Harapan kami di masa mendatang akan banyak event seni budaya Nias masuk event nasional dan internasional untuk dapat mengundang wisatawan mancanegara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nias," ujar Hilarius.

BACA JUGA: 5 Destinasi yang Bikin Traveler Ketagihan ke Nias

Lebih lanjut, Hilarius mengajak semua pihak baik di dalam dan luar negeri untuk datang ke Nias dan melihat Festival Ya'ahowu secara langsung.

"Untuk sama-sama wisata ke Nias menyaksikan Ya'ahowu 2018 dan World Surfing League Nias Pro 2018, melihat berbagai event budaya dan keramah tamahan Pulau Nias," ajak Hilarius.

Diketahui, pada tahun 2017 jumlah wisatawan ke Nias adalah sebanyak 40 ribu wisatawan yang terdiri dari asing dan lokal. Festival Ya'ahowu 2018 pun menargetkan sekitar 50 ribu pengunjung. Coba kosongkan agenda dan main ke Nias nanti. Dijamin tidak menyesal!



Saksikan juga video: 'Sosialisasi ke Masyarakat, BPK Gelar Festival Film'

[Gambas:Video 20detik]

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED