Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Jun 2018 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kota Dunia yang Termahal Bagi Para Ekspatriat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Lanskap Hong Kong dari ketinggian sebagai kota dunia termahal 2018 (CNN Travel)
Lanskap Hong Kong dari ketinggian sebagai kota dunia termahal 2018 (CNN Travel)
Hong Kong - Anda ingin bekerja di luar negeri dan jadi ekspatriat? Gaji yang besar jangan sampai tekor karena biaya hidup yang tinggi.

Inilah kota-kota dunia dengan biaya hidup termahal bagi para eksptriat. Melansir CNN Travel, Rabu (27/6/2018) kota-kota di Asia menjadi yang termahal bagi ekspatriat. Menurut survei di tahun 2018 ini oleh perusahaan konsultan internasional Mercer, kota termahal bagi para TKA itu diduduki oleh Hong Kong.

Posisinya menggeser ibu kota Angola, Luanda yang surveinya dilakukan terakhir kali pada tahun 2016. Hal ini tidak mengherankan, karena biaya tempat parkirnya dapat menghabiskan USD 760.000.

Dari 10 kota teratas yang diberi peringkat oleh Mercer, tujuh di antaranya ada di Asia. Kota Tokyo ada di nomor dua, Singapura keempat, Seoul kelima, Shanghai ketujuh, Beijing kesembilan.

"Peraturan moneter Cina semakin kuat, ekonomi yang berkembang dan dorongan untuk memiliki yuan Cina sebagai mata uang internasional mendorong kota-kota Cina naik peringkat," kata Yvonne Traber, perwakilan global Mercer.



Mercer memeringkat 209 kota tujuan global. Penilaiannya didasarkan pada 200 item yang mencerminkan biaya hidup sebagai ekspatriat, meliputi biaya akomodasi, harga secangkir kopi, hingga harga tiket bioskop.

Daftar ini dapat dijadikan sebagai patokan untuk membantu perusahaan multinasional menghitung biaya kompensasi bagi karyawannya. Terutama mereka yang bekerja di suatu negara asing.

Dari daftar di 2018 ini menunjukkan kota-kota di Amerika Serikat turun peringkat. Hal ini dikarenakan penurunan nilai mata dolar AS terhadap mata uang dunia lainnya.

Kota-kota di Eropa sebagian besar naik peringkatnya. Hal itu dikarenakan penguatan mata uang lokal. Sedang kota-kota di Timur Tengah mengalami penurunan peringkat karena adanya pengurangan biaya sewa.

Berikut 20 kota termahal dunia bagi ekspatriat di 2018:
1. Hong Kong (China)
2. Tokyo (Jepang)
3. Zurich (Swiss)
4. Singapura
5. Seoul (Korea Selatan)
6. Luanda (Angola)
7. Shanghai (China)
8. N'Djamena (Chad)
9. Beijing (China)
10. Bern (Swiss)
11. Jenewa (Swiss)
12. Shenzhen (China)
13. New York City (AS)
14. Kopenhagen (Denmark)
15. Guangzhou (China)
16. Tel Aviv (Israel)
17. Moskow (Rusia)
18. Libreville (Gabon)
19. Brazzaville (Republik Kongo)
20. London (Inggris) (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED