Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jun 2018 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Tahun Baru Nepal, Berlangsung 9 Hari!

Bona
detikTravel
Foto: (Navesh Chitrakar/Reuters)
Foto: (Navesh Chitrakar/Reuters)
Bhaktapur - Bisket Jatra atau Festival Tahun Baru Nepal adalah tradisi yang diadakan tiap tahun. Pakai kereta kayu, warga Nepal akan 'perang' antar daerah.

Festival Bisket atau disebut juga Bisket Jatra merupakan acara tahun baru Nepal. Tradisi ini diadakan tepat pada bulan April, sesuai dengan kalender China, seperti yang diintip detikTravel dari Reuters, Jumat (29/6/2018).

Ritual ini akan dimulai dari Kota Bhaktapur, Nepal. Tak main-main, festival ini akan berlangsung selama 9 hari penuh.

Sebelum memulai Bisket Jatra, masyarakat akan mengadakan ritual Tantra khusus di Kuil Bhairab di Taumadhi Tole, Bhaktapur. Setelah selesai berdoa, masyarakat akan menempatkan Bhairav dan Bhadrakali.

Festival ini jadi ajang 'perang' nasib baik (welcomenepal.com)Festival ini jadi ajang 'perang' nasib baik (welcomenepal.com)


Bhairav dan Bhadrakali merupakan dewa dan dewi Hindu. Bhairav dan Bhadrakali kemudian diletakkan di atas Rathas atau kereta kayu yang berat setinggi sekitar 6 meter.

BACA JUGA: Himalaya dan Everest, Atap Dunia dan Tempat Paling Berbahaya di Bumi

Kereta ini tidak ditarik dengan kuda melainkan oleh masyarakat. Para warga dari seluruh Nepal akan menarik kereta dengan tali dan mulai 'perang'.

Bukan perang sungguhan, masyarakat akan berlomba-lomba untuk menarik Rathas ke kota mereka masing-masing dengan menggunakan tambang. Mereka percaya, warga yang sanggup menarik Rathas ke kotanya maka kota tersebut akan bernasib baik selama satu tahun.

Semua warga Nepal turun ke jalan (Navesh Chitrakar/Reuters)Semua warga Nepal turun ke jalan (Navesh Chitrakar/Reuters)


Menarik Rathas adalah hal yang paling seru untuk disaksikan, warga akan tumpah ke jalan. Sorak dan teriakan akan menggema selama tarik-menarik Rathas.

Selain menarik Rathas, warga juga akan memutar ulang sebuah drama Hindu yang jadi tradisi selama berabad-abad. Sudah jadi acara tahunan, traveler yang mau menyaksikan festival ini bisa datang pada bulan April. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED