Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Jul 2018 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Hadapi Vandalisme, Pengelola Gunung Kerinci Tingkatkan Pengawasan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Vandalisme di Gunung Kerinci (pendakilawas/Instagram)
Jakarta - Balai Besar Taman Nasional Gunung Kerinci Seblat (BBTNKS) akan meningkatkan pengawasan. Sebabnya, ada pendaki yang telah melakukan vandalisme di sana.

BBTNKS menyebut pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan. Pengelola Gunung Kerinci dan sekitarnya itu juga akan lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait.

"Pihak TNKS berusaha meningkatkan pengawasan terhadap kawasan TNKS maupun objek wisata yang ada di dalamnya, termasuk Gunung Kerinci. Kemudian meningkatkan kerjasama dengan kelompok pecinta alam yang telah lama bermitra bersama kami untuk bersama-sama memiliki andil dalam menjaga dan mengawasi Gunung Kerinci khususnya," kata Hamzah pegawai kehumasan BBTNKS kepada detikTravel, Kamis (5/7/2018).

Kepada Nizam dan kelompoknya yang telah melakukan vandalisme, BBTNKS telah melakukan pengarahan. Hal ini berkaitan manfaat dari Taman Nasional Gunung Kerinci secara keseluruhan.

"Pengarahannya tentang pentingnya Gunung Kerinci, TNKS yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, manfaat secara ekonomi. Serta pentingnya menjaga alam dan kelestarian alam yang ada di Kerinci," urai Hamzah.


Tonton juga video 'Petik Bunga Edelweis, Pendaki Ini Dihukum Bersih-bersih'

[Gambas:Video 20detik]


Saat detikTravel menghubungi BBTNKS beberapa waktu sebelumnya, ada imbauan-imbauan khusus bagi para pendaki ke Gunung Kerinci dan Gunung Tujuh. Pertama dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang melakukan aksi vandalisme, dan mengambil apapun kecuali gambar.

Dalam kasus vandalisme ini, seperti dilihat detikTravel dari akun Instagram @pendakilawas, pendaki tersebut memiliki akun Instagram @nizam_cihuyy. Pendaki ini menuliskan coretan 'NOVIA' pada sebuah batu di Gunung Kerinci. Kini, Instagram dia telah dikunci, tapi detikTravel sudah men-screenshot lebih dulu.

Nizam merasa tak bersalah telah mencorat-coret di Gunung Kerinci. Bahkan ia merasa senang telah melakukannya.





Hadapi Vandalisme, Pengelola Gunung Kerinci Tingkatkan Pengawasan
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA