Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Jul 2018 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Unik Negara Kroasia

Afif Farhan
Redaksi Travel
Suporter Kroasia merayakan kemenangan timnasnya atas Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 (Reuters)
Suporter Kroasia merayakan kemenangan timnasnya atas Inggris di semifinal Piala Dunia 2018 (Reuters)
Zagreb - Semua orang membicarakan Kroasia, sebab berhasil melaju sampai final Piala Dunia 2018. Mari kenali negaranya Luka Modric dkk ini lebih dekat.

Tidak disangka, Kroasia mampu melaju sampai final Piala Dunia 2018. Mereka bukanlah tim unggulan, namun di luar ekspektasi, Kroasia dapat menumbangkan tim-tim besar. Argentina dihajar 3-0 dan Inggris disingkirkan 2-1 di babak semifinal.

Kini, semua mata tertuju pada Kroasia. Bisakah Kroasia mampu meladeni Prancis di final Piala Dunia 2018 untuk menjadi juara baru?

Kroasia bukanlah negara yang besar. Negara ini berhadapan dengan Laut Adriatic, yang seberang lautan itu adalah Italia. Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Kroasia adalah Slovenia, Hungaria, Serbia dan Bosnia Herzegovina.

BACA JUGA: Kroasia Si Negara yang Indah

Dirangkum detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (12/7/2018) berikut beberapa fakta menarik tentang Kroasia:

1. Negara kecil

Kroasia merupakan negara terbesar ke-127 di dunia. Negara ini dihuni oleh sekitar 4,7 juta penduduk saja, bahkan masih lebih banyak penduduk di Jakarta.

2. Bentang alam jempolan

Dari 10 persen luas negaranya terdiri dari 8 National Parks, 11 Nature Parks dan 2 Nature Reserves. Ya, Kroasia menawarkan alam yang indah buat traveler dengan 1.246 pulau.

Zlatni Rat (CNN Travel)Zlatni Rat (CNN Travel)


Zlatni Rat disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di dunia. Plitvice Lakes National Park pun sudah langganan jadi danau tercantik di dunia.

3. Anjing dalmatian

Kroasia adalah rumahnya anjing dalmatian. Usut punya usut, anjing dengan totol hitam tersebut berasal dari wilayah Dalmatia, suatu kawasan pesisir di Kroasia.

Anjing dalmatian (AFP)Anjing dalmatian (AFP)


Sejak ratusan tahun lalu, anjing dalmatian di sana menjadi anjing pemburu dan penjaga. Namun sejak abad ke-19, 'tugas' anjing dalmatian bergeser menjadi anjing rumahan dan kerap kali untuk kepentingan fashion.

4. Tempat syuting film 'Game of Thrones'

Film 'Game of Thrones' yang terkenal ternyata syutingnya di Kroasia. Lokasinya ada di wilayah Split dan Dubrovnik.

Kawasan Dubrovnik (CNN Travel)Kawasan Dubrovnik (CNN Travel)


5. Punya kota paling kecil di dunia

Kroasia punya kota yang disebut-sebut sebagai kota paling kecil di dunia. Namanya Hum, yang populasinya antara 17-23 orang!

6. Punya kembaran Colosseum

Pula Arena (CNN Travel)Pula Arena (CNN Travel)


Bukan Colosseum, ini adalah Pula Arena. Berada di Pula, ini merupakan salah satu peninggalan Bangsa Romawi. Fungsinya sama seperti Colosseum, Pula Arena merupakan arena pertarungan para gladiator.

7. Sunset terbaik di dunia

Kota di pesisir Laut Adriatik bernama Zadar punya panorama sunset yang cantik. Bahkan disebut-sebut sebagai tempat melihat sunset terbaik di dunia.

Sunset di Zadar (Zadar Outdoor Festival)Sunset di Zadar (Zadar Outdoor Festival)


8. Pen (pulpen) berasal dari nama orang Kroasia?

Pulpen atau bahasa Inggrisnya adalah pen ternyata diambil dari nama orang Kroasia, yakni Slavoljub Eduard Penkala. Seorang insinyur ternama, yang di tahun 1906 membuat pensil mekanik dan membuat cikal bakal pulpen. Nama pen pun diambil dari namanya, Penkala.

9. Kroasia dan bulan

Bulan (Dikhy Sasra/detikTravel)Bulan (Dikhy Sasra/detikTravel)


Tahukah kamu, para astronot dunia sudah memetakan bulan. Setiap wilayahnya memiliki nama. Menariknya, ada dua orang ilmuwan Kroasia yang namanya diabadikan menjadi nama wilayah di Bulan, yaitu JR Boskovic dan A Mohorovicic.

10. Pulau mirip sidik jari

Pulau Baljenac bisa dibilang sebagai pulau paling unik di Kroasia. Pulau ini mirip sidik jari berukuran raksasa!

Pulau Baljenac yang mirip sidik jari raksasa (Fatos Interessantes/Facebook)Pulau Baljenac yang mirip sidik jari raksasa (Fatos Interessantes/Facebook)


Sebab jika dilihat dari atas, ada banyak garis-garis di pulaunya. Tahukah kamu, ternyata garis-garis itu adalah tembok. Tembok yang terbuat dari batu dan tidak tinggi-tinggi amat. Sebenarnya merupakan suatu penanda, yakni penanda batas-batas tiap lahan perkebunan.

Namun kini perkebunannya sudah ditinggalkan. Hanya tersisa tembok-tembok pembatas itu saja, tapi masih terjaga baik dan jadi destinasi unik. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED