Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Jul 2018 16:20 WIB

TRAVEL NEWS

Berkah Piala Dunia 2018 untuk Pariwisata Rusia

Afif Farhan
detikTravel
Rusia mendapat berkah pariwisata dari Piala Dunia 2018 (Reuters)
Rusia mendapat berkah pariwisata dari Piala Dunia 2018 (Reuters)
Moskow - Usai sudah Piala Dunia 2018 dengan Prancis menjadi juaranya. Rusia pun kedapatan berkah untuk pariwisatanya.

Piala Dunia 2018 disebut-sebut paling seru. Banyak tim-tim kuda hitam yang tampil garang, membuat tim-tim besar angkat koper. Banyak skor pula, bahkan di partai finalnya terjadi 6 gol!

Prancis menasbihkan diri menjadi juaranya. Dengan skuat muda, anak-anak asuhan Deschamps tampil apik. Menyingkirkan tim besar macam Argentina dan Belgia, lantas menundukan Kroasia di partai puncak.

Berkah Piala Dunia 2018 untuk Pariwisata Rusia(Reuters)


Terlepas dari lapangan sepakbola, sejatinya Piala Dunia 2018 menjadi berkah untuk Rusia selaku tuan rumah. Khususnya, berkah untuk pariwisatanya.

Dirangkum detikTravel dari berbagai media internasional seperti Forbes, Telegraph dan The Independent, Senin (16/7/2018) Piala Dunia 2018 memberikan dampak positif pada wajah pariwisata Rusia. Apalagi selama pagelarannya berlangsung, semuanya berjalan aman.

Ditulis Forbes, resort-resort di kawasan Laut Hitam di Kota Sochi penuh saat Piala Dunia 2018 berlangsung. Bahkan terjadi peningkatan okupansi sebanyak 90 persen!

Suporter dari berbagai belahan dunia datang ke Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018 (Getty Images)Suporter dari berbagai belahan dunia datang ke Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018 (Getty Images)


Telegraph menjelaskan, melalui data website pemesanan pesawat Skyscanner, pencarian tiket pesawat ke berbagai destinasi Rusia meningkat tajam setelah Piala Dunia 2018 selesai. Jika dibandingkan dari 16 Juli 2018 (satu hari setelah selesai pertandingan final) sampai bulan Mei tahun depan pada periode yang sama di tahun lalu, meningkat 76 persen.

BACA JUGA: Keindahan Prancis Sang Juara Piala Dunia 2018

Media-media lokal Rusia pun menulis, Rusia kedatangan paling minimal 1 juta turis selama ajang Piala Dunia 2018. Kebanyakan dari negara-negara Eropa, khususnya Inggris.

Setidaknya sebelum Piala Dunia 2018 berlangsung, banyak yang skeptis kepada Rusia. Negara ini masih dinilai 'seram', mengingat sejarahnya di zaman dulu adalah komunis.

Suporter SPanyol juga banyak mendatangi Piala Dunia 2018 (REUTERS/Jorge Silva)Suporter Spanyol juga banyak mendatangi Piala Dunia 2018 (REUTERS/Jorge Silva) Foto: Reuters


Namun pemimpin tertinggi Rusia, Presiden Putin menepis anggapan itu. Dia menaruh perhatian penting kepada ajang tertinggi sepakbola sejagad ini. Malah, ikut menonton langsung pertandingan di stadion dan juga hadir di partai final untuk menyerahkan medali.

Ada kejadian menarik, sebelum Piala Dunia 2018. Dilansir Reuters, Putin melalui Juru Bicara Kepresidenan Dmitry Peskov, membantah pernyataan dari Anggota Senat Rusia Bidang Urusan Keluarga, Perempuan dan Anak-Anak, Tamara Pletnyova.

Saat itu Tamara mengimbau kepada wanita Rusia agar tidak berhubungan seks dengan turis yang mau nonton Piala Dunia 2018 demi terhindar dari segala penyakit. Namun Dmitry menyampaikan apa yang disampaikan Putin, boleh-boleh saja karena wanita Rusia bisa menjaga diri.

"Semua negara menuduh negara lain atas sikap rasisme dan homofobia. Semua itu tidak ada hubungannya dengan Piala Dunia. Sedangkan untuk para perempuan Rusia, mereka bisa mengatasi semua hal dengan sendirinya," kata Dmitry.

Presiden Putin menghadiri penyerahan medali di final Piala Dunia 2018 (Reuters)Presiden Putin menghadiri penyerahan medali di final Piala Dunia 2018 (Reuters)


Sebenarnya, itu bukanlah masalah soal seks semata. Melainkan tersirat, bukti Putin benar-benar ingin Rusia terbuka buat turis. Putin benar-benar serius ingin banyak turis yang datang saat Piala Dunia 2018. Tak peduli dengan yang lain.

Kunjungan turis ke Rusia sendiri sudah tercapai di angka 20-an juta dalam setahun. Banyak pengamat pariwisata menilai, Piala Dunia 2018 setidaknya mengubah citra pariwisata Rusia. Rusia yang cantik untuk dikunjungi, Rusia yang bersahabat dan memiliki banyak destinasi menawan. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED