Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Agu 2018 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tour Leader Adalah Pekerjaan dari Hati

Afif Farhan
detikTravel
Tedjo Iskandar, tour leader senior di Indonesia (Facebook)
Jakarta - Tidak ada yang namanya tour leader abal-abal, itu hanyalah orang yang menipu. Sebab tour leader sejatinya, adalah pekerjaan dari hati.

Hal itu diungkapkan Tedjo Iskandar, pendiri TTC (Tourism Training Center) dan juga seorang tour leader senior. Sudah 3 dekade menjadi seorang tour leader sejak tahun 1980-an, pengalamannya di dunia pariwisata tak bisa dipandang sebelah mata.

BACA JUGA: Wisatawan Indonesia Ditinggal Tour Leader di Maroko, Netizen Geger!

Ketika ditanya soal tour leader abal-abal yang marak kasusnya baru-baru ini, Tedjo tampak kesal. Bagi dia, itu mencoreng profesi tour leader.

"Tentu, itu mencoret profesi tour leader. Tidak ada namanya tour leader abal-abal, itu oknum penipu. Kumpulin duit orang lain terus kabur, tour leader tidak begitu. Tour leader adalah pekerjaan dari hati," tegasnya kala detikTravel menyambangi kantor TTC di kawasan utara Jakarta, Rabu (1/8/2018) kemarin.

Apa maksudnya tour leader pekerjaan dari hati?

"Seorang tour leader membawa rombongan wisatawan. Wisatawan itu manusia, punya hati, punya perasaan dan punya ego. Mereka bukanlah benda mati, jadi tour leader itu adalah pekerjaan dari hati untuk bagaimana kita memberlakukan orang-orang sebaik mungkin. Memanusiakan manusia," terang Tedjo.

Saat suatu tour leader membawa rombongan wisatawan, tentu ada banyak konflik. Entah mungkin ada satu orang yang maunya menang sendiri, ada yang super telat dan masih banyak lagi. Maka itu adalah tugas tour leader, untuk membuat suasana rombongannya tetap kondusif. Tetap menyenangkan sepanjang perjalanan.

"Selalu ada hal-hal seperti itu. Makanya kita harus terus ramah, senyum, sapa serta mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Tour leader bertanggung jawab atas suatu perjalanan wisata bagi rombongannya. Kalau ada tour leader yang 'baper' atau emosian, bisa nggak dipakai lagi dia. Bisa jelek namanya, bisa hancur karirnya," urai Tedjo.

Tour Leader Adalah Pekerjaan dari Hati(dok Tedjo Iskandar/Facebook)


Maka bagi Tedjo, menjadi seorang tour leader bukanlah pekerjaan mudah. Harus tidur setelah semua rombongan peserta tidur, juga harus bagun lebih awal sebelum yang lainnya bangun.

"Seorang tour leader itu kalau tidak melakukan pekerjaannya dengan hati bisa stress berat lho. Dan sekali lagi, nggak ada tour leader abal-abal, itu cuma penipu," tutupnya.

detikTravel bersama 20detik akan mempunyai program terbaru bernama d'Traveler Corner. Suatu program yang isinya perbincangan dengan tokoh-tokoh yang berkecimpung di dunia pariwisata, apapun itu profesinya.

Tedjo Iskandar adalah tamu pertama di d'Traveler Corner, tunggu tanggal mainnya nanti! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA