Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2018 17:18 WIB

TRAVEL NEWS

Menpar Apresiasi Maskapai Malaysia yang Buka Akses ke Danau Toba

Moch Prima Fauzi
detikTravel
Foto: Dok Kemenpar
Foto: Dok Kemenpar
Jakarta - Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018 mendatang, AirAsia akan melakukan penerbangan perdana dari bandara Kuala Lumpur, Malaysia ke bandara Silangit. Penerbangan yang membuka jalur wisata mancanegara ke Danau Toba itu mendapat apresiasi Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Sekarang jalur ke Danau Toba semakin luas. Dan ada akses langsung ke Malaysia. Kita harus berterima kasih kepada maskapai yang membuka jalur ini. Karena sekarang potensi pertumbuhan wisatawan di Danau Toba terbuka lebar," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Jumat (3/8/2018).

Dalam pengumuman yang digelar oleh AirAsia, Kamis (2/8), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkapkan hal serupa. Ia berharap dengan adanya rute penerbangan ini perekonomian masyarakat di sekitarnya bisa meningkat.

"Saya ingin berterima kasih kepada AirAsia karena meluncurkan layanan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Silangit. Kami sedang meningkatkan fasilitas di Bandara Silangit dan memperpanjang landasan dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. Kami juga memperluas apron dan bangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat dan penumpang. Kami harap rute baru ini akan bermanfaat bagi ekonomi dan komunitas lokal," papar Luhut.


Sementara itu CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan pihaknya tak hanya ingin membawa wisatawan mancanegara ke Indonesia namun juga turut berinvestasi dalam hal pengembangan pariwisatanya.

"Tidak hanya membawa pelancong lebih dekat ke potensi wisata yang tersimpan di nusantara, kami juga berinvestasi dalam mengembangkan wisata berkelanjutan. Tim program berkelanjutan kami akan bekerja sama dengan otoritas dan komunitas lokal untuk menjaga keindahan alami Danau Toba melalui inisiatif ramah lingkungan kami," kata Tony.

"Kami juga akan menjalankan beberapa program pemberdayaan masyarakat untuk mendukung komunitas lokal. Merupakan komitmen kami untuk membawa wisatawan mancanegara lebih dekat lagi ke tujuan wisata terbaik di Indonesia, dan di saat yang sama juga membantu menjamin keberlanjutan destinasi-destinasi tersebut," pungkas Tony.


AirAsia menawarkan harga khusus dari Silangit ke Kuala Lumpur mulai dari Rp100.000. Tarif ini tersedia untuk pemesanan di airasia.com dan aplikasi mobile AirAsia dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018 untuk periode perjalanan dari 28 Oktober 2018 hingga 29 Maret 2019.

Selain Luhut dan Tony Fernandes, acara konferensi pers juga dihadiri Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno, dan juga Staf Khusus Menteri Bidang Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Judi Rifajantoro, beserta Executive Chairman Grup AirAsia Berhad, Co-Group CEO AirAsia X Datuk Kamarudin Meranun, dan CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA