Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Agu 2018 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Nonton Dieng Culture Festival, Masih Ada Homestay Tersedia

Uje Hartono
detikTravel
Foto: Ilustrasi homestay (Ardian Fanani/detikTravel)
Foto: Ilustrasi homestay (Ardian Fanani/detikTravel)
Banjarnegara - Bagi wisatawan yang berencana pergi ke Dieng Culture Festival (DCF) namun belum pesan hotel, tidak perlu khawatir. Masih ada homestay yang bisa kamu sewa.

Meski homestay di Desa Dieng Kulon sudah penuh, namun hingga saat ini masih bisa memesan homestay di desa sekitar.

Misalnya Desa Pekasiran, Kepakisan dan Karangtengah Kecamatan Batur. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, hingga hari pertema perhelatan DCF, Jumat (3/8) masih ada homestay kosong. Meski tinggal di desa sekitar Dieng Kulon.

"Sampai sekarang masih ada, jadi wisatawan tidak perlu khawatir," terangnya, saat ditemui di kawasan Candi Arjuna, Jumat (3/8/2018).



Menurutnya, meski tidak tepat berada di perhelatan DCF, namun homestay di desa lain justru lebih murah. Mengingat saat DCF, terjadi kenaikan harga homestay yang cukup signifikan di Desa Dieng Kulon.

"Perbedaanya dengan yang ada di Desa Dieng Kulon dan Desa Dieng Wetan bisa sampai 50 persen. Sedangkan jarak antara 1 kilometer hingga 5 kilometer," kata dia.

Selain itu, homestay yang berada di desa sekitar Dieng juga terhindar dari kemacetan. Sebab, berdasarkan pengalaman sebelumnya kerap terjadi kemacetan seiring meningkatnya jumlah kendaraan.

"Kalau mau memesan tinggal ke Desa Pekasiaran Kepakisan, dan Karangtengah. Di sana masih ada homestay yang kosong," terang dia.

Sementara, antisipasi banyaknya homestay penuh, Dwi menyampaikan wisatawan bisa memanfaatkan camping grown. "Kami juga menyediakan tempat camping grown seperti di dekat Candi Gatot Kaca. Lokasinya lebih dekat dengan tempat perhelatan DCF," jelasnya. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED