Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Agu 2018 19:07 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Lokal Bantu Turis yang Masih Berada di Gili Trawangan

Afif Farhan
detikTravel
Turis yang diberikan terpal dan tikar oleh warga lokal untuk bermalam di bukit Gili Trawangan(Austin Gusman/Istimewa)
Gili Trawangan - Warga lokal saling membantu turis yang tertahan di Gili Trawangan, Lombok pasca gempa. Mereka menyediakan tikar kepada turis untuk tidur malam ini.

Minggu (5/8) malam, Lombok diguncang gempa 7 SR. Gili Trawangan terkena dampaknya, mengakibatkan beberapa bangunan roboh dan turis-turis dibuat panik.

Sejak Senin (6/8) pagi tadi, tim SAR dan Basarnas sudah mengevakuasi turis-turis baik domestik dan mancanegara dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal secara bertahap. Namun karena ombak besar dan situasi yang masih dilanda kepanikan, evakuasi sedikit terhambat.

BACA JUGA: Kondisi Resort-resort di Gili Trawangan, Roboh dan Banyak Retakan

Austin Gusman, pengelola Gili Amor Boutique Resort di Gili Trawangan mengungkapkan, beberapa turis malah memilih bertahan di Gili Trawangan. Sebabnya, Pelabuhan Bangsal dan Kota Mataram sendiri juga terkena gempa dan banyak bangunan hancur.

Hingga kini, masih ada beberapa turis yang tertahan di Gili Trawangan dan memilih bermalam dengan naik ke atas bukit. Warga lokal di Gili Trawangan pun membantu mereka.

"Iya semuanya saling membantu. Banyak warga yang memberi terpal juga ke turis untuk mereka tidur," ujar Austin kepada detikTravel, Senin (6/8/2018).

Warga yang memberikan terpal dan tikar kepada turis di Gili TrawanganWarga yang memberikan terpal dan tikar kepada turis di Gili Trawangan (Austin Gusman/Istimewa)


Selain itu, beberapa warga lokal juga menyediakan makanan kepada turis sejak pagi tadi. Para turis pun hanya memiliki makanan-makanan ringan seperti snack.

BACA JUGA: Cerita Kepanikan Turis-turis di Gili Trawangan Saat Gempa

Bagaimana kondisi di bukit Gili Trawangan?

"Di bukit banyak spot untuk beristirahat. Situasinya sudah tidak panik, walau gempa susulan masih berasa tapi tidak begitu besar," jelas Austin.

Tenda darurat yang didirikan warga di Gili TrawanganTenda darurat yang didirikan warga di Gili Trawangan (Austin Gusman/Istimewa)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA