Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Agu 2018 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Upacara Melaspas, Patung GWK Kini Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Nandhang Astika
detikTravel
Upacara Melaspas Patung GWK, Badung (Nandhang Astika/detikTravel)
Badung - Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) sudah rampung 100 persen. Proses pembangunan diakhiri dengan upacara adat sebelum diresmikan Presiden Jokowi.

Setelah pemasangan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) rampung 100 persen, PT Alam Sutera Tbk selaku pengelola melaksanan upacara melaspas. Upacara pembersihan secara tradisi Bali ini dihadiri oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Pantauan di lapangan sejak Rabu (8/8/2018) pagi di areal pelataran gedung padestal patung GWK telah ramai oleh tamu undangan. Alunan gamelan juga mengiringi prosesi upacara. Prosesi upacara dipimpin oleh 3 Sulinggih.

"Kami berharap patung GWK ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai salah satu ikon budaya dunia setelah Candi Borobudur dan Prambanan," kata Presiden Komisaris Alam Sutera Group Haryanto Tirtohadiguno, usai Upacara Melaspas, Rabu (8/8/2018).

Upacara Melaspas, Patung GWK Kini Siap Diresmikan Presiden JokowiFoto: (Nandhang Astika/detikTravel)


Upacara Melaspas, Patung GWK Kini Siap Diresmikan Presiden JokowiFoto: (Nandhang Astika/detikTravel)


Upacara Melaspas ini menjadi bagian akhir dari rangkaian ritual upacara GWK. Sebelumnya juga telah dilaksanakan upacara Pasupati pada saat pemasangan mahkota Dewa Wisnu.

Selesainya Upacara Melaspas ini melengkapi seluruh rangkaian upacara adat dan agama dari mulai Upacara Resi Gana dan Pasupati yang lebih dulu dilakukan sebelumnya. Dengan demikian patung Garuda Wisnu Kencana ini telah siap untuk diresmikan. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA