Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Agu 2018 16:52 WIB

TRAVEL NEWS

10 Destinasi Andalan Jakarta Ini Siap Sambut Obor Asian Games

Rizki Ati Hulwa
Redaksi Travel
Ilustrasi sepeda onthel di Kota Tua Jakarta (dok. Kemenpar)
Ilustrasi sepeda onthel di Kota Tua Jakarta (dok. Kemenpar)
Jakarta - Jakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik. Sejumlah lokasinya telah siap untuk menyambut rangkaian pawai obor dari Asian Games 2018.

Torch Relay Asian Games 2018 atau Obor Asian Games saat ini sudah memasuki daerah Ibu Kota Jakarta. Tak ingin kalah dengan kota-kota sebelumnya yang disinggahi Obor Asian Games, Kota Metropolitan ini juga sudah menyiapkan destinasi wisata andalannya yang sayang untuk dilewatkan.

"Jakarta punya banyak spot destinasi wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah hingga spot foto kekinian. Destinasi-destinasi ini siap menyambut Api Energi of Asia pada rangkaian Asian Games 2018. Yang pastinya juga akan menjadi destinasi peserta Asian Games nantinya," ungkap Menpar Arief Yahya, Kamis (16/08/2018).

Menurut Arief, Jakarta yang merupakan pusat bisnis ini juga dipenuhi banyak mal-mal besar. Mal ini juga bisa menjadi alternatif wisata belanja. Tak hanya itu, Jakarta masih banyak memiliki wisata menarik lainnya, berikut 10 pilihannya.

1. Kota Tua

Daerah yang termasuk dalam area Jakarta Barat ini memiliki bangunan-bangunan berarsitektur kolonial. Daerah ini merepresentasikan Batavia yang dahulunya merupakan ibu kota Hindia Belanda dan pusat pemerintahan VOC.

Di sini, Anda bisa menelusuri setiap jalan-jalan yang ada sambil menikmati keindahan dan kekhasan arsitektur Belanda. Anda juga akan di bawa ke masa silam yang mirip dengan kota di Eropa. Disarankan untuk menggunakan sepeda ketika berencana mengunjungi daerah ini.

2. Glodok Chinatown

Lokasi wisata yang berada di Glodok, Jakarta Barat ini terkenal sebagai pusat penjualan elektronik dan komputer. Bila berbelanja di sini, Anda bisa mendapatkan harga yang cukup miring. Uniknya, di sini masih menggunakan penghitungan dengan menggunakan sempoa.

Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal dengan wisata kuliner Jakarta Barat dengan banyaknya ditemukan gerobak makanan. Daerah ini juga masih berisi bangunan tua yang berdiri kokoh sejak abad ke-19.

3. Museum Wayang

Di museum ini, Anda bisa melihat ribuan koleksi wayang dari dalam dan luar negeri yang sangat unik. Di sini, Anda juga bisa melihat sejarah wayang dari masa ke masa. Lokasinya masih dalam kawasan Kota Tua.

4. Monas

Monumen Nasional (Monas) yang merupakan ikon wisata Jakarta ini memiliki tinggi 132 meter dan didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa melawan Belanda. Di sini Anda bisa belajar sejarah, hingga melihat pemandangan dari puncak Monas. Lapangannya yang luas bisa digunakan untuk bermain dan berolahraga.

5. Museum Fatahillah

Catatan sejarah serta artefak yang berkaitan dengan Jakarta disimpan di sini. Anda bisa melihat kondisi Jakarta saat masih berada di bawah pemerintahan Belanda di sini. Lokasinya yang strategis di kawasan Kota Tua ini dapat diakses dengan mudah menggunakan Kereta Api dan Trans Jakarta.

6. Museum Bank Mandiri

Museum ini berisi banyak arsip yang berkaitan dengan perbankan Indonesia. Di museum yang terbuka untuk umum ini, bisa dijadikan tempat belajar sekaligus tempat kreasi.

7. Museum Seni Dan Keramik

Beragam keramik ditampilkan dari berbagai motif, bahan, desain, dan sebagainya di sini. Museum ini didirikan untuk melestarikan budaya Indonesia yang kaya akan seni keramik. Letaknya juga masih di kawasan Kota Tua.

8. Gereja Sion

Disebut juga Gereja Portugis, bangunan ini berarsitektur kuno namun masih cantik dan kokoh. Uniknya, di atas pintu kereja tertulis angka yang menunjukkan umur gereja tersebut.

9. Ancol

Bagi yang menginginkan wisata edukasi bahkan bahari, tersedia di sini. Ada juga Dunia Fantasi (Dufan) yang menyediakan bermacam permainan yang menyenangkan.

10. Taman Mini Indonesia Indah

Disebut juga dengan TMII, merupakan kawasan wisata keluarga. Selain berkreasi, di sini juga terdapat anjungan daerah-daerah yang mewakili banyaknya suku di Tanah Air. Anda juga bisa naik gondola, naik titihan samirono, mengunjungi museum, dan bermain di Istana Anak Indonesia (idr/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

6 Tips Wisata ke Patung GWK

Rabu, 19 Sep 2018 18:45 WIB

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali menjadi ikon yang digemari turis. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.