Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Agu 2018 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Diva Pop Rossa Meriahkan Puncak Festival Pasar Terapung 2018

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: Dok Kemenpar
Foto: Dok Kemenpar
Jakarta - Festival Pasar Terapung yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan berlangsung dengan meriah. Apalagi saat malam puncak tiba. Diva pop Indonesia, Rossa, turut hadir membuat suasana makin heboh.

Pada malam puncak Festival Pasar Terapung yang digelar Sabtu (25/8/2018) di kawasan Tugu Nol Kilometer, Rossa menghibur para wisatawan dengan berbagai lagu-lagu populernya. Mulai dari lagu Pudar, Tegar, Menunggu, hingga Sakura yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Fariz RM.

"Assalamualaikum warga Banjarmasin, lama sekali tak ke sini. Saya nggak nyangka penontonnya bisa sebanyak in. Bahagia sangat yah ternyata lagu lawas aku banyak yang hafal kenyataannya lawas sangat lho," kata Rossa.


Ketua Calendar of Event Kemenpar, Esthy Reeko Astuty, mengatakan Festival Budaya Pasar Terapung semakin memesona. Pasalnya, banyak karya seni budaya disajikan hingga penampilan Rossa.

"Tampilnya Rossa di Festival Budaya Pasar Terapung tahun ini sungguh luar biasa. Dia penyanyi besar yang sangat populer," katanya.

Kehadiran Rossa, lanjutnya, semakin menaikan pamor Festival Budaya Pasar Terapung sehingga menarik wisatawan dari berbagai wilayah untuk menonton aksi diva pop ini.

"Dengan penampilan Rossa di festival ini, kami harap Banjarmasin ramai. Banyak wisatawan Malaysia yang bisa masuk ke sini. Sebab, Rossa juga sangat terkenal di Malaysia," ungkap Esthy.

Malam puncak Festival Terapung juga dimeriahkan dengan agenda lainnya, seperti tarian tradisional dan musik bambu yang menjadi khas Kalimantan Selatan. Sebelumnya, turut digelar pawai budaya, parade acil atau ibu-ibu jukung pasar terapung, hingga lomba masak di tengah sungai Martapura.

Kepala Dinas Pariwisata dan KebudayaanKalselHeriansyah mengungkapkan pihaknya tengah gencar mengembangkan pariwisata berbasis sungai. Menurutnya, banyaknya sungai ya
ng ada di Kalsel bisa memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat jika dikemas dalam atraksi wisata.

"Pariwisata berbasis sungai ini membuka lapangan kerja baru. Kapal-kapal yang dimiliki masyarakat bisa digunakan membawa wisatawan menyusuri sungai dengan pemandangan menarik. Suasana pasar terapung yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri," jelasnya.

Diva Pop Rossa Meriahkan Puncak Festival Pasar Terapung 2018Foto: Dok Kemenpar

Heriansyah juga menyarankan selain membenahi destinasi-destinasi wisata sungai di Banjarmasin, atraksi-atraksi wisata bisa diperbanyak. Begitu pula dengan kegiatan promosi yang harus terus digencarkan.

"Untuk itu, kami berterima kasih pada Kementerian Pariwisata yang sudah mendatangkan Rossa ke sini. Kapasitas Rossa itu luar biasa. Ke depan, kita juga akan mengupayakan digelar pertunjukan musik yang panggungnya di atas air sungai," pungkasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga semakin yakin pariwisata Kalsel akan semakin berkembang. Maka ia menyarankan agar potensi pariwisata Kalsel terus dipromosikan melalui acara besar seperti Festival Terapung.

"Aksesibilitas sudah semakin baik. Banjarmasin punya Bandara Syamsudin Noor yang oke. Amenitasnya juga semakin oke. Festival Budaya Pasasar Terapung akan menjadi trigger untuk destinasi lain di Kalsel. Sukses untuk acara Festival Budaya Pasar Terapung di Kalsel. Salam Pesona Indonesia," katanya. (ega/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!