Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Sep 2018 11:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kebakaran Savana Gunung Bromo Belum Teratasi

M Rofiq
detikTravel
Padang savana Bromo yang terbakar (M Rofiq/detikTravel)
Padang savana Bromo yang terbakar (M Rofiq/detikTravel)
Malang - Kebakaran melanda savana Gunung Bromo hingga merembet ke Bukit Teletubis belum juga teratasi hingga pagi. Diharapkan, api segera bisa dipadamkan.

"Masih terus upaya pemadaman, sekarang sekitar 40 petugas gabungan dilibatkan, jika kemarin sampai 320 petugas bersama-sama memadamkan api," terang Kepala Seksi 2 Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Sarmin kepada detikTravel, Senin (3/9/2018).

Sarmin mengaku, hanya ada satu titik api yang hingga kini belum mampu dipadamkan. Selain itu, sekitar titik api turut dilahap si jago merah juga menjadi fokus pemadaman hari ini.

"Sekarang tinggal satu titik api, dan sekitarnya yang menjadi fokus pemadaman hari ini. Mudah-mudahan hari ini bisa dipadamkan," harapnya dalam sambungan telepon.

Dikatakan, area yang terbakar sebagian besar masuk wilayah Kabupaten Probolinggo. Lokasi kebakaran juga berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Banyak masuk Probolinggo, hanya sebagian kecil berada di wilayah Kabupaten Malang. Lokasi yang terbakar, juga berbeda dengan tahun sebelumnya," tegasnya.

Sarmin menambahkan, luas lahan yang terbakar akan disampaikan langsung oleh Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedy sekaligus perkembangan terkini dalam mengatasi kebakaran.

"Untuk luas yang terdampak akan disampaikan langsung kepala balai hari ini," tandas Sarmin.

Sekedar diketahui, pertengahan September 2017 lalu savana Gunung Bromo juga hangus terbakar. Setidaknya savana berupa ilalang dan rerumputan seluas hampir 73 hektare habis terbakar.

Butuh waktu berhari-hari untuk memadamkan api, karena pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual saja. Kini, sekitar 30 hektare savana Gunung Bromo kembali terbakar.




(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED