Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 07 Sep 2018 12:51 WIB

TRAVEL NEWS

Astaga! Banyak Sitaan Botol Berisi Pasir Pantai di Bandara Komodo

Afif Farhan
detikTravel
Botol berisi pasir pantai di Bandara Komodo yang disita (dok Istimewa/ Gapura Angkasa)
Labuan Bajo - Sedih sungguh sedih. Ada orang-orang yang membawa pulang pasir pantai di dalam botol saat traveling seperti Bandara Komodo, Labuan Bajo. Nanti rusak dong!

Dalam informasi yang didapat detikTravel dari sumber terpercaya, di Bandara Komodo, Labuan Bajo terjejer botol-botol berisi pasir. Kemungkinan besar itu adalah ulah beberapa wisatawan yang mau membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Ada pasir yang berwarna putih, ada juga yang berwarna pink.

Hal itu dibenarkan oleh General Manager Gapura Angkasa, I Wayan Jamrud kepada detikTravel, Jumat (7/9/2018). Gapura Angkasa sendiri merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia.

"Iya, kami menyita botol berisi pasir pantai serta beberapa karang dan mencegah masuk ke pesawat," kata Wayan.

Astaga! Banyak Sitaan Botol Berisi Pasir Pantai di Bandara KomodoFoto: (dok Istimewa/ Gapura Angkasa)


Wayan menjelaskan, botol berisi pasir pantai tersebut mengandung air laut yang ternyata berbahaya bagi pesawat. Tak main-main, pesawat bisa rusak!

"Bisa menyebabkan korosi kalau airnya sampai menetes. Dalam jangka panjang, pesawat bisa karatan dan itu berbahaya. Maka kami mencegahnya masuk ke pesawat, semua ada prosedurnya," tegas Wayan.

Dikatakan Wayan, botol berisi pasir-pasir pantai tersebut berasal dari pantai-pantai di sekitar kawasan Taman Nasional Komodo. Wayan pun menyayangkan ada beberapa wisatawan atau oknum-oknum tak bertanggung jawab yang melakukan hal tersebut.

"Disayangkan juga hal-hal seperti ini, karena bayangkan kalau makin banyak yang bawa botol berisi pasir pantai dari Taman Nasional Komodo, itu tidak baik untuk kelestarian alam. Kami juga punya tanggung jawab untuk memberikan edukasi," tutupnya.




Tonton juga 'Dunia Bawah Laut Pulau Komodo yang Memprihatinkan':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA