Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah Berserakan

Shinta Angriyana
detikTravel
Taman Kota 1 BSD (Shinta/detikTravel)
Taman Kota 1 BSD (Shinta/detikTravel)
Tangerang Selatan - Tangerang Selatan punya taman kota yang terletak di kawasan BSD, Serpong. Namun, kondisinya sudah tidak seperti dulu.

Inilah Taman Kota 1, yang letaknya berada di Jalan Letnan Sutopo, BSD City, Tangerang Selatan Banten. Taman kota ini jadi ruang terbuka hijau dengan fasilitas gratis untuk masyarakat.

detikTravel sempat berkunjung ke Taman Kota 1 BSD Minggu (23/9/2018) sore hari. Banyak pengunjung yang olahraga, bercengkrama, melakukan photoshoot atau hanya sekadar menikmati suasana taman.

Namun, terlihat kondisi taman yang dipenuhi pohon-pohon besar kini sudah tidak hijau lagi. Rumput-rumput sudah jarang terlihat, banyak daun kering dari pohon yang tidak diangkut.

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah BerserakanTong sampah yang membludak (Shinta/detikTravel)

Begitu pun dengan sampah yang berserakan. Ada beberapa tong sampah yang disediakan pengelola berbentuk kodok, namun tetap saja sampah masih ada di sekitarnya. Meski sejumlah tong sampah terlihat penuh.

Bukan cuma sampah, tetapi jogging track yang ada juga sebagian sudah rusak. Struktur aspal jogging track juga ada yang menjulang ke atas atau pecah-pecah. Beberapa hasil vandalisme di fasilitas taman kota juga tidak jarang terlihat.

"Itu sudah lama (kotor), banyak daun-daun kering jatuh kan dari pohon. Bikin penuh memang, berserakan," ujar SP, salah seorang warga yang sering beraktivitas di Taman Kota 1.

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah BerserakanKontur aspal dan daun-daun berserakan (Shinta/detikTravel)
Saat detikTravel berkunjung, tidak terlihat ada petugas kebersihan yang bertugas. Padahal, menurut SP, petugas kebersihan sering terlihat di hari biasa.

"Padahal kalau hari biasa itu ada yang bersihin kok. Petugasnya, suka bersih-bersihin, ya banyak sih daun kering yang jatuh itu sampahnya. Kalau bawaan pengunjung sih saya kurang tahu," tambahnya.

Petugas yang ada saat itu pun hanya satpam dan petugas parkir yang menata mobil dan motor pengunjung di depan gerbang taman. Ada juga beberapa warung tenda yang menjual aneka makanan dan minuman.

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah BerserakanPapan yang ada di dalam taman (Shinta/detikTravel)

Padahal, ada beberapa papan yang melarang pengunjung untuk membuang sampah sembarangan bahkan berjualan di area taman. Papan tersebut berada di dalam kawasan Taman Kota, yang berlogo pemerintah daerah setempat.

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah Berserakan(Shinta/detikTravel)

Papan peraturan taman juga ada di bagian luar. Dalam peraturan tersebut, yang tertulis atas nama pengelola, ada poin yang mengimbau pengunjung untuk tidak melakukan vandalisme, melapor jika ingin melakukan shooting atau pemotretan, serta memberikan tip kepada petugas.

Sedih, Taman Kota di Tangsel Ini Banyak Sampah BerserakanWarga yang berkunjung (Shinta/detikTravel)
Terlepas dari kondisinya yang cukup memprihatinkan, Taman Kota 1 BSD masih ramai dikunjungi warga sekitar. Biasanya, pengunjung ramai saat weekend pada pagi dan sore hari. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED