Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Sep 2018 16:25 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Aldi 'Life of Pi' Bisa Hanyut ke Guam, Ini Penjelasannya

Bona
detikTravel
Foto: Kisah ajaib Aldi  yang hanyut dari Manado hingga ke Guam (dok. KJRI Osaka)
Foto: Kisah ajaib Aldi yang hanyut dari Manado hingga ke Guam (dok. KJRI Osaka)
Jakarta - Aldi Novel 'Life of Pi' jadi pusat perhatian karena terombang-ambing dari Sulawesi ke perairan Guam. Ini penjelasan dari ahli oseanografi.

Aldi Novel Adilang (19) adalah seorang pemuda asal Manado yang viral di media. Aldi berhasil bertahan hidup di atas rumah rakit atau rompong selama 49 hari. Dia bisa pulang ke Indonesia dibantu oleh KJRI Osaka.

Aldi berada di tengah lautan pada pertengahan Juli dan hanyut sampai September. Aldi hanyut terbawa arus dari Manado menuju ke arah timur laut sampai ke Perairan Guam.

"Ketika tiba di sekitaran utara Pulau Halmahera, dia (Aldi) terbawa hanyut semakin ke timur oleh Arus Pusaran yang bernama Halmahera Eddy. Aldi terus terbawa hingga mencapai sekitaran 150 derajat Bujur Timur," ujar Dr Ing Widodo S Pranowo, Ketua Laboratorium Data Laut dan Pesisir, Pusat Riset Kelautan KKP kepada detikTravel, Selasa (25/9/2018).

Widodo menjelaskan, ketika Aldi dibawa semakin ke timur, arus Halmahera Eddy semakin melemah. Ketika Halmahera Eddy melemah, Aldi dihanyutkan oleh arus menuju ke Barat Laut menuju ke arah sekitaran Guam

"Kemungkinannya, itu ada siklon tropis Jebi 28 Agustus hingga 1 September. Beruntung ditemukan pada pada 31 Agustus 2018," jelas Widodo yang juga Pengajar Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut.

Jarak antara posisi kapal dengan jalur siklon tropis sekitar 500-600 km. Jarak ini memang terlihat sangat jauh. Namun dari sisi fenomena alam, jarak ini tetap berpengaruh kepada kondisi kecepatan arus permukaan laut.

Ketika siklon tropis ini melintas, kemungkinan menarik massa air permukaan di sisi tenggara hingga barat daya. Sehingga menghasilkan arus yang menghanyutkan Aldi setelah adanya Halmahera Eddy.

"Siklon ini membawa Aldi menuju ke arah barat laut ke arah Guam," papar Widodo. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA