Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Sep 2018 14:15 WIB

TRAVEL NEWS

Media Internasional Bahas Larangan Berfoto Tidak Senonoh di Situs Suci Bali

Bona
detikTravel
Ilustrasi Turis di Bali (Gede Suardana/detikTravel)
Jakarta - Bali kembali ramai diperbincangankan oleh media internasional. Hal ini terkait larangan berfoto seksi dan tidak senonoh di situs suci Bali.

Keindahan Bali memang sudah terkenal di mata dunia. Selain alam yang eksotis, kebudayaan dan agama menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari pariwisata.

Melansir Australian News dan Fox New, Kamis (27/9/2018) Bali terkenal sebagai Pulau 1.000 Pura. Keindahan pura, budaya dan agama menjadi hal yang begitu menarik di mata wisatawan.

Namun timbul keresahan baru di tempat-tempat suci ini. Kebanyakan wisatawan datang dengan memakai baju yang minim dan kurang sopan. Khawatir dengan hal ini, pemerintah di Bali pun mempertimbangan batasan baru dalam berpakaian ke tempat suci.

"Kualitas turis sekarang berbeda dari sebelumnya. Itu karena kami terlalu terbuka dengan turis, jadi banyak yang datang," ujar Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace.

Dalam wawancaranya Cok Ace menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan ke Bali mencapai 5 juta pada tahun 2017. Namun dengan meningkatnya perilaku kurang terhormat ini, Cok Ace memberikan tawaran baru.

Cok Ace mengatakan dalam beberapa minggu mendatang dewan regional akan memikirkan kembali apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh wisatawan di sekitar kuil Hindu di Bali. Termasuk dengan tidak membiarkan turis mengunjungi pura tanpa didampangi.

"Ini adalah upaya pemerintah untuk mempertahankan Pura. Pura perlu dilestarikan karena mereka adalah roh budaya dan adat Bali," ungkap Cok Ace.

Kekhawatiran ini muncul setelah viralnya seorang turis Denmark yang duduk di bagian suci Linggih Padmasana di Pura Puhur Luhur Batukaru. Turis tersebut terlihat berjongkok di atas takhta, yang seharusnya dibiarkan kosong untuk Dewa Hindu Bali.

Bukan hanya turis Denmark, awal tahun ini seorang vlogger Spanyol juga mendapat kecaman setelah dia memposting video dirinya mendaki sebuah pura. Volgger tersebut terpaksa mengeluarkan permintaan maaf. Dan pada tahun 2016, seorang wanita muda mengenakan bikini memicu kemarahan di Bali ketika dia difoto dalam pose yoga di depan sebuah pura.

Kejadian seperti ini bukan hanya terjadi di Bali tapi juga di negara lain. Di Thailand, misalnya, pasangan Amerika dituduh tidak senonoh tahun lalu karena menurunkan celana mereka untuk foto telanjang di depan kuil suci Wat Arun.



Tonton juga 'Saudi Kini Bolehkan Wanita Kenakan Pakaian Terbuka di Pantai':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA