Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Nov 2018 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi: Wisata Umbul Ponggok Hasilkan Rp 14 M Setahun

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Umbul Ponggok, Klaten (Screenshot Instagram Jokowi)
Jakarta - Siapa tak kenal wisata air Umbul Ponggok? Destinasi ini jadi rujukan berwisata di Klaten, Yogyakarta dan sekitarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memujinya. Dalam postingan Instagramnya, Selasa (27/11/2018), menyebut destinasi ini memiliki penghasilan cukup besar, yakni Rp 14 miliar dalam setahun.

"Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air," kata Jokowi.

"Umbul Ponggok memang begitu jernih karena dari mata air yang dibangun menjadi tempat wisata," imbuh dia.


Jokowi memuji penggunaan Dana Desa yang sudah tepat sasaran. Akibatnya, pertumbuhan wisata meningkat dan berefek pula pada geliat ekonomi.

"Sejak tahun 2015, dengan memanfaatkan Dana Desa, pemerintah Desa Ponggok membangun infrastruktur penunjang pariwisata itu: jalan desa, sanitasi, drainase, MCK, sampai area parkir," jelas Jokowi.

Lihat postingan ini di Instagram

Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air. Umbul Ponggok memang begitu jernih karena dari mata air yang dibangun menjadi tempat wisata. Sejak tahun 2015, dengan memanfaatkan Dana Desa, pemerintah Desa Ponggok membangun infrastruktur penunjang pariwisata itu: jalan desa, sanitasi, drainase, MCK, sampai area parkir. Hasilnya? Desa Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp14 miliar setahun. Saya mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini, apa pun keunggulan desanya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada 26 Nov 2018 jam 5:59 PST



"Hasilnya? Desa Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp 14 miliar setahun," imbuh dia lagi.

Berkaca pada hal tersebut, Jokowi mengajak seluruh desa yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan. Umbul Ponggok bisa dijadikan contohnya.

"Saya mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini, apa pun keunggulan desanya," pungkas dia. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA