Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Nov 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cantik! Kembaran Bunga Sakura Bermekaran di Surabaya

Amir Baihaqi
detikTravel
Foto: Bunga tabebuya mekar di Surabaya (Amir Baihaqi/detikTravel)
Surabaya - Tabebuya yang bermekaran tampak mirip dengan sakura. Jalanan di Surabaya pun tampak makin cantik dengan pemandangan bunga tabebuya yang mekar.

Memasuki musim penghujan, warga Surabaya disuguhkan pemandangan hamparan gugurnya bunga-bunga di sepanjang trotoar dan jalan-jalan protokol. Pemandangan tersebut menjadi buah bibir warganet.

Pada awalnya, banyak yang mengira adalah bunga tersebut adalah sakura. Namun sebenarnya adalah bunga dari pohon tabebuya. Tabebuya sendiri ketika mekar mempunyai 3 warna yakni kuning, putih, dan merah muda.

Dari pantauan detikTravel, salah satu jalan protokol yang dipenuhi dengan bunga tabebuya yakni di sepanjang Jalan Raya Darmo. Hampir setiap trotoar dan pinggiran jalan raya dipenuhi dengan bunga yang warna putih dan merah muda itu.

(Amir Baihaqi/detikTravel)(Amir Baihaqi/detikTravel)
Revina (30), salah satu pejalan kaki yang melintas mengatakan pemandangan seperti itu membuat dirinya senang. Karena menurutnya selain taman, pohon-pohon di Surabaya semakin indah.

"Menurut saya taman dan pohon di Surabaya tambah indah dan rapi sih. Saya bangga sih tinggal di Surabaya," kata Revina kepada detikTravel, Selasa (27/11/2018).

Senada dengan Revina, salah seorang petugas kebersihan Zubairi (35) mengaku bertambah senang dengan adanya bunga-bunga yang gugur itu. Menurutnya pemandangan itu semakin membuat jalanan Surabaya semakin indah dan sedap dipandang.

"Tambah senang saya tidak membersihkan sampah liar. Soalnya ini dari alam. Ya, senang dengan adanya bunga ini. Kelihatan Surabaya indah," tandas Zubairi.

(Amir Baihaqi/detikTravel)(Amir Baihaqi/detikTravel)
Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Henry Setianto mengatakan, sebenarnya pohon tabebuya sudah mulai ditanam sejak 10 tahun silam. Namun mulai bermekaran sekitar 5 tahun ini.

"Puncak-puncaknya berbunga di bulan Oktober dan November. September sudah Mekar tapi tidak seberapa. puncaknya. Masuk bulan Januari sudah habis bunganya karena berguguran," kata Henry.

Henry melanjutkan, penanaman pohon tabebuya merupakan instruksi dari Wali Kota Surabaya. Karena selain rindang dan penuh bunga, pohon tersebut juga menjadi tempat kesukaan burung hinggap.

"Kita memang mau mengurangi pohon-pohon yang yang besar. Lalu ibu wali kota menganjurkan cari pohon yang rindang tapi berbunga. Karena secara estetika lebih bagus, juga lebih renggang dan lebih kuat batangnya," ujar Henry. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA